Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Kecantikan

Merawat Kulit dengan Memperkuat Skinbarrier

Kulit manusia terdiri dari lapisan-lapisan dan setiap lapisan memiliki fungsi penting untuk melindungi tubuh. Lapisan kulit paling luar disebut dengan epidermis dan memiliki banyak tugas untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan mikroorganisme, agresor, dan paparan zat-zat lain yang berbahaya bagi tubuh. Epidermis memiliki lapisan terluar, yaitu stratum corneum atau sering disebut sebagai “brick and mortar” (batu bata dan adukan semen) karena bentuknya seperti dinding batu bata yang disusun menggunakan adukan semen. Inilah skin barrier Anda. 

Sebagai batu batanya, stratum corneum memiliki corneocytes, yaitu tumpukan sel-sel kulit mati yang keras dan anti-air, sementara adukan semen yang mengikat semua batu bata ini adalah campuran berbagai lipid. Di dalam corneocytes, Anda akan menemukan keratin dan NMF (natural moisturizing factors) yang merupakan pelembap alami kulit, sementara di adukan semen terdapat kolesterol, asam lemak, dan ceramides.

Fungsi utama dari lapisan terluar kulit ini adalah melindungi tubuh dari serangan berbagai zat yang berbahaya bagi tubuh serta mempertahankan dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Tanpanya, segala zat berbahaya bisa masuk ke dalam tubuh lewat kulit dan mengacaukan tubuh. Tanpa lapisan pelindung ini pula, cairan dalam tubuh bisa lepas dan menguap, sehingga tubuh mengalami dehidrasi. Karena itulah, skin barrier sangatlah penting bagi kesehatan tubuh serta wajib dilindungi untuk memastikan tubuh berfungsi optimal, bukan hanya masalah kecantikan kulit saja.

Hal yang dapat merusak skinbarier

Penting untuk Anda ketahui bahwa skin barrier ini bisa rusak. Penyebabnya bisa karena berbagai faktor, baik dari dalam maupun luar. Ironisnya, manusia sendiri yang sering kali membuat kondisi lapisan pelindung kulit ini jadi melemah dan akhirnya rusak, karena tidak memiliki pengetahuan untuk menjaga dan merawatnya. Misalnya, menggosok kulit wajah terlalu keras dan kasar saat membersihkan wajah bisa membuat kondisi lapisan kulit ini melemah.

Beberapa hal yang dapat merusak kondisi lapisan pelindung kulit di antaranya adalah:

  • Lingkungan yang udaranya terlalu lembap atau terlalu kering.
  • Alergen, iritan, dan polutan.
  • Terlalu banyak terpapar sinar matahari.
  • Sering terkena detergen atau sabun yang bersifat basa.
  • Paparan zat kimia yang terlalu keras.
  • Terlalu sering mencuci muka.
  • Eksfoliasi berlebihan.
  • Penggunaan steroid.
  • Stres.
  • Faktor genetik yang membuat kondisi kulit mengalami gangguan seperti dermatitis atopik dan psoriasis.

Saat lapisan pelindung kulit ini rusak, maka kulit wajah akan terlihat kering dan bersisik disebabkan oleh berkurangnya ceramides di adukan semen.  Perlindungan kulit wajah pun melemah sehingga kulit wajah menjadi lebih sensitif, mudah gatal, muncul jerawat, ruam, dan secara keseluruhan kulit wajah tampak kusam. Meningkatnya sensitivitas kulit wajah berakibat penggunaan produk perawatan kulit yang tadinya tak membawa masalah sekarang menjadi masalah. 

Memperkuat skin barrier

Mengingat fungsinya, sangatlah penting bagi Anda untuk menjaga lapisan pelindung kulit ini. Cara menjaga skin barrier yang tepat bukanlah dengan menggunakan berbagai produk perawatan kulit yang terlalu banyak dan sampai berlapis-lapis, karena tindakan ini malah dapat melemahkan lapisan pelindung kulit. Kandungan alkohol dan bahan-bahan kandungan produk perawatan kulit wajah yang cenderung keras akan membuat lapisan pelembap alami kulit rontok dan kulit wajah pun akhirnya rusak. 

Untuk mendapatkan skin barrier yang sehat dan kuat, Anda perlu memilih produk-produk perawatan kulit wajah yang memiliki bahan kandungan yang tepat, salah satunya adalah niacinamide yang terkandung dalam NOVI’S Rejuvenation Serum. Sebagai salah satu bentuk dari Vitamin B3, niacinamide berperan penting untuk menjaga kondisi kulit secara keseluruhan serta menjadikan kulit sehat, kuat, dan awet muda. Niacinamide juga lembut di kulit sehingga dapat digunakan oleh kulit wajah yang sensitif dan mudah mengalami peradangan.

Niacinamide adalah salah satu bahan aktif yang dapat memperkuat dan memperbaiki skin barrier Anda, karena niacinamide dapat meningkatkan produksi ceramides, salah satu bahan penting yang terdapat di adukan semen. Menggunakan produk-produk perawatan kulit wajah yang mengandung niacinamide dalam kadar yang tepat dapat membantu merawat lapisan pelindung kulit.

Produk yang disarankan untuk Anda gunakan adalah sunscreen yang mengandung niacinamide. Paparan sinar UV dari matahari yang berlebihan dapat sangat merusak lapisan pelindung kulit. Dengan memilih sunscreen yang memiliki kandungan niacinamide, Anda akan mendapatkan fungsi ganda, yaitu perlindungan dari sinar UV serta perbaikan dan perawatan lapisan pelindung kulit.  Selain itu, niacinamide membantu mencerahkan kulit wajah, melembapkannya, dan meredakan peradangan serta iritasi.

Related posts
Kecantikan

Menghidrasi dan Melembapkan Kulit yang Kering

Kecantikan

Ketahui Perawatan Kulit untuk Remaja Pemula

KecantikanKesehatan

Mitos Seputar Jerawat yang  Kamu Mesti Hindari

Kecantikan

Tips Mendapat Antioksidan untuk Kesehatan Kulit Wajah

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Hilangkan Bekas Jerawat dengan perawatan Laser CO2