Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Mengenal Elektocauter Treatment untuk Mengatasi Beberapa Masalah di Kulit

Dengan berbagai alasan, munculnya lipoma dan tahi lalat jelas menggangu tampilan. Pasien mungkin ingin menghilangkan permasalahan kulit tersebut termasuk kutil kecil di klinik buang kutil kecil karena alasan penampilan, sedangkan dokter memandang bahwa tumbuhnya daging pada area luar kulit seperti lipoma maupun kutil berpotensi menjadi benih kanker kulit sehingga operasi kutil menjadi salah satu cara yang diperlukan. 

Seiring bertambahnya usia, seringkali Anda bisa melihat adanya daging yang tumbuh di kulit orang-orang dengan usia di atas 40 tahun. Daging tumbuh berwarna gelap kecokelatan ini seringkali dapat mengganggu penampilan dan menunjukkan seseorang telah berumur. Sebenarnya, ada beberapa cara  menghilangkan daging tumbuh di kulit ini, misalnya prosedur bedah. Namun pembedahan akan terasa sangat menyakitkan. Untuk itu kini telah banyak diterapkan prosedur electrocauter yang dapat menghilangkan daging tumbuh di kulit.

Prosedur electrocauter melibatkan energi listrik untuk memanaskan kulit yang berlebih, dalam hal ini kutil, guna menghancurkan area kulit tersebut sehinga tektur kulit menjadi rata. Dengan kecepatan dan kemudahan prosedurnya, electrocautery menjadi perawatan populer di berbagai klinik, termasuk di NOVI’S Dermatology. Sebagai klinik buang kutil bersertifikasi, operasi kutil yang disediakan mampu mengatasi masalah kutil dan tahi lalat yang tumbuh dengan tuntas.

Electrocautery akan menghanguskan kutil dan tahi lalat yang tak diinginkan dengan tingkat keberhasilan tinggi. Tapi selayaknya operasi lain di klinik buang kutil, electrocauter juga memberi potensi risiko pada pasien, meski dalam kisaran sangat minimal. Walaupun kemungkinan kulit terinfeksi hampir tak ada, tapi beberapa kondisi lain bisa saja muncul. Yang sering terjadi yaitu kulit menjadi lebih sensitif, warna kulit berubah, munculnya bekas luka minor, alergi, dan hasil operasi yang terlihat buruk (melenceng atau tak rata).

Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan pasien pasca operasi kutil. Misalnya jangan memakai makeup sebelum genap 24 jam setelah operasi karena bisa mengganggu proses pemulihan area yang dioperasi. Juga hindari sinar matahari langsung guna mencegah munculnya keloid.

Tak ada efek samping serius yang didapat dari operasi kutil dengan electrocautery. Meski begitu, dokter tetap meresepkan beberapa obat sebagai tindakan pencegahan. Misalnya memberi krim untuk menunjang proses penyembuhan, juga lewat sesi kontrol rutin mingguan. NOVI’S Dermatology menyediakan electrocautery dengan prosedur aman karena didukung dengan dokter kecantikan profesional yang sudah membantu banyak pasien selama lebih dari lima tahun. Hasil treatment dijamin bagus, dan akan sesuai harapan.

Pasca Electrocautery

Electrocauter efektif dan aman guna menghilangkan pertumbuhan kulit di luar batas kewajaran. Tentu saja akan muncul rasa tak nyaman saat prosedur berjalan, tapi ini hanya sebentar. Kebanyakan operasi kutil hanya butuh sekali sesi agar hilang sepenuhnya. Meski begitu, beberapa prosedur operasi di klinik buang kutil mungkin perlu sesi tambahan.

Proses penyembuhan pasca operasi hanya berlangsung hitungan hari. Tak seperti prosedur lain, electrocautery hanya meninggalkan bekas luka mikro, sangat kecil untuk dilihat. Metode treatment yang diberikan akan bergantung pada hasil evaluasi individu saat konsultasi.

Dari sini bisa didapati kesepahaman tentang tujuan yang ingin dicapai pasien, dan kemungkinan jenis treatment yang bisa diberikan dokter merujuk pada hasil evaluasi tersebut.

Prosedur dilakukan dengan memberi anestesi lokal pada area kutil. Pasien mungkin merasakan sensasi tertekan di area tertentu selama prosedur berjalan, tapi tak menyakitkan Sebuah pin atau jarum akan dipanaskan dengan energi listrik yang kemudian diaplikasikan ke kutil. Paparan listrik lalu menghancurkan sel dan memotong kutil dengan presisi tinggi sehingga proses penghancuran kutil berlangsung aman tanpa merusak kulit sekitar. Penggunaan panas secara efektif bisa menutup kemungkinan kutil berkembang ke area lain, itu pun jika masih tersisa.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di

Sahabat NOVI’S juga bisa menyaksikan beberapa treatment di youtube channel NOVI’S Dermatology

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Perawatan

Rahasia Tampil dengan Kulit yang Selalu Muda

Perawatan

Memahami Makna Kulit Sehat dan Ideal untuk Tetap Tampil Cantik

Perawatan

Melawan Tanda-tanda Penuaan Dini dengan Collagen Stimulator Treatment

Perawatan

Tentang Tekstur Kulit yang Ingin Dimiliki Setiap Orang

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Kurangnya Pigmen Kulit yang Membuat Warna Kulit Memudar