Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Mengenal Berbagai Kerutan di Wajah dan Tips Menghilangkanya

Munculnya kerutan di kulit wajah merupakan sesuatu yang alami terjadi saat usia bertambah. Walau munculnya tak bisa dihindari, namun Anda bisa menyamarkan bahkan menghilangkan kerutan di wajah dengan bantuan skincare routine khusus anti-aging ditambah dengan gaya hidup sehat agar Anda tampak lebih muda. 

Penyebab munculnya kerutan adalah melambatnya produksi kolagen dan elastin di lapisan dermis akibat faktor usia, sehingga elastisitas dan kekenyalan kulit wajah berkurang. Faktor usia ini masih ditambah dengan faktor eksternal, di antaranya paparan sinar UV dari matahari, polusi, dan gaya hidup tidak sehat seperti merokok. 


Dari berbagai kerutan di wajah, ada beberapa di antaranya yang cukup dikenal dan menjadi target perawatan saat menghilangkan kerutan di wajah, yaitu:

– Forehead lines: Berbentuk garis-garis horizontal, kerutan di dahi ini jelas terlihat saat Anda menaikkan kedua alis.

– Frown lines: Kerutan di dahi, tepatnya di antara alis, yang muncul saat cemberut atau mengernyit. Bentuknya dua garis vertikal yang sejajar, mirip angka 11. 

– Crow’s feet: Terbentuk di ujung luar mata, garis-garis kerutan ini cenderung dalam. Terbentuk akibat sering memicingkan mata atau tersenyum.

– Laugh lines: Disebut juga nasolabial folds, garis kerutan dari atas cuping hidung ke arah ujung luar mulut ini terbentuk akibat tersenyum dan tertawa.

– Lip lines: Kerutan berbentuk garis-garis vertikal di sekitar mulut, tampak jelas saat Anda sedang mengerutkan mulut.

– Marionette lines: Garis kerut yang terbentuk dari ujung luar bibir menurun ke arah dagu karena pipi yang ‘turun’.

Kerutan di Dahi Menjadi Pusat Perhatian

Forehead lines dan frown lines yang terbentuk di dahi bisa membuat Anda tidak nyaman karena menjadi pusat perhatian orang lain saat menatap wajah Anda. Kedua kerutan ini juga cenderung membuat Anda terlihat seperti sosok yang terlalu serius dan sering cemas. 


Cara paling mudah membuat kerutan di dahi ini tak terlihat adalah dengan menutupinya dengan poni, namun tentu saja tidak membuat kedua kerutan tersebut hilang. Apalagi jika Anda sering berekspresi, maka garis-garis kerutan ini akan semakin dalam. Perawatan dengan skincare khusus anti-aging ditambah dengan gaya hidup sehat, menjadi solusi untuk menghilangkan kerutan di wajah, termasuk dua kerutan di area dahi tersebut.

Tips Menghilangkan Kerutan di Wajah

Untuk melawan tanda penuaan ini, Anda harus lebih cermat memilih kandungan bahan aktif dalam produk-produk skincare. Pilih yang dapat membantu menstimulasi produksi kolagen dan elastin sehingga kulit wajah menjadi lebih elastis, kenyal, dan kencang. Selain itu, Anda bisa membuat tampilan kerutan tersamarkan dengan menghidrasi dan melembapkan kulit wajah dengan optimal menggunakan bahan aktif hyaluronic acid, karena kulit yang dehidrasi dapat membuat kerutan terlihat dengan jelas. 

Lengkapi perawatan anti-aging Anda dengan gaya hidup sehat, seperti berhenti merokok, tidur yang cukup, minum air putih yang cukup, memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, berolahraga, dan melakukan senam wajah. Wajah Anda pun tampak lebih muda dengan kerutan yang tersamarkan.

Botox Treatment

Suntik botox merupakan prosedur tindakan medis dalam bidang drmatologi yang digunakan untuk pengobatan garis-garis kerut akibat ekspresi  wajah sepertiga atas, yaitu kerut daerah dahi, sekeliling mata, hiperhidrosis bagian ketiak, terkadang juga digunakan untuk platysma di leher, dan kerutan halus sekitar mulut.

Perawatan ini dilakukan dengan cara menyuntikkan protein yang dihasilkan oleh bakteri Clostridium Botulinum. Fungsinya menghambat sinyal saraf asetilkolin yang ada dalam otot wajah agar lebih rileks. Hasilnya, ketika otot wajah kamu rileks, maka kulit kamu akan lebih lembut dan mengencang. Inilah yang membuat kerutan di wajah hilang

Apa saja manfaat botox?

  • Mengatasi kerutan dan garis halus
  • Meminimalisir keriput
  • Memperbaiki double chin
  • Mengobati rosacea
  • Meremajakan kulit
  • Mengatasi hyperhidrosis atau lebih di kenal dengan keringat yang berlebihan pada area ketiak, telapak tangan atau kaki.

Apa keunggulan botox?

Kegunaan injeksi botox dalam bidang dermatologi pada prinsipnya ditujukan pada otot-otot ekspresi wajah. Kebanyakan otot-otot tersebut tidak berhubungan dengan tulang melainkan  berhubungan dengan jaringan lunak dan bekerja untuk menggerakan kulit wajah.

Umumnya, tidak ada efek samping jangka panjang atau yang membahayakan pada penggunaan botox di bidang dermatologi, karena terapi botox tidak berhubungan dengan efek klinis yang permanen. Botox cukup aman dan efektif pada penggunaan untuk terapi kerutan pada wajah.

Jika prosedur lain membutuhkan waktu berjam-jam. Pada suntik botox, kamu tidak membutuhkan waktu lama hanya beberapa menit saja. Biasanya dokter akan langsung  menyuntikan botox ke area yang mengalami kerutan.

perawatan Botox dianggap aman dan telah digunakan bertahun-tahun untuk perawatan neurologis dan optalmologis. Selain manfaat kecantikannya, Botulinum Toxin juga dapat digunakan untuk mengobati kondisi tertentu yang penyebab utamanya adalah kontraksi otot. Perawatan Botulinum Toxin dapat menghilangkan gejala dengan melemaskan otot.

NOVI’S Clinic Dermatology menjadi rekomendasi klinik kecantikan terbaik untuk kamu yang ingin melakukan botox treatment dan beberapa perawatan kecantikan lainnya. Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di www.novisdermatology.co.id

Related posts
Perawatan

Mengatasi Hiperpigmentasi untuk Dapatkan Kulit Lebih Muda

Perawatan

Kapan Waktu Harus Melakukan Rutin Facial ?

Perawatan

Memperbaiki Masalah Flek Hitam yang Membuat Kulit Terlihat Lebih Tua

Perawatan

Mengenal Tarik Benang Sebagai Solusi Kulit Wajah yang Kendur

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Keunggulan Serum Wajah Dibanding Produk Skincare Lain