Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

KecantikanKesehatan

Mengapa Kulit Bibir Kian Kering? Ini Penjelasan dan Tips Merawatnya

Kulit di bibir kita lebih tipis dari kulit di bagian tubuh lain, karena itu bibir jadi gampang terkelupas atau pecah-pecah. Saat memakai lipstik, biasanya kita menghindari bibir basah terkena air, betul? Padahal, menjaga kelembaban kulit bibir itu perlu. Bibir kering dan pecah-pecah sangat mengganggu kenyamanan dan penampilan, dengan mengetahui penyebabnya, kamu bisa lebih mudah menghindari hal tersebut terjadi pada bibirmu.Tanpa kamu sadari, gaya hidup kamu sehari-hari juga mempengaruhi kesehatan dan kelembaban bibir.

Rutinitas yang sangat menyibukkan bisa membuat stres, itu lah salah satu yang menjadi penyebab kulit bibir tidak sehat. Ketika stres, kamu seringkali tidak berpikiran jernih dan santai, bahkan stres mempengaruhi pola tidur kamu. Jadwal tidur yang berantakan sangat mempengaruhi kesehatan dan kelembaban bibir.

Salah satu faktor lain yang seringkali menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah adalah kurangnya hidrasi ke dalam tubuh, dengan kata lain dehidrasi. Maka dari itu, kamu disarankan untuk setidaknya minum dua liter air putih atau setara dengan delapan gelas.

Karena kulit pada bibirmu lebih tipis dan lembut dibandingkan dengan kulit pada area wajahmu yang lain, penting sekali untuk memberikan perawatan spesial agar bibir selalu sehat dan terhindar dari bibir kering dan pecah-pecah.

Cuaca dingin dan kering diketahui merisak selaput lendir yang sensitif dan terbuka, seperti yang ditemukan di bibir. Kehilangan kelembapan adalah penyebab utama bibir kering.

Hal ini menyebabkan reaksi berantai, karena kebanyakan dari kita cenderung menjilat bibir untuk melembapkannya, memperburuk keadaan karena air liur bersifat asam dan dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut. Selain itu, kelembapan yang didapatkan sementara dari menjilat bibir akan menguap ke lingkungan yang kering, menarik lebih banyak kelembapan dari bibir dan memperburuk masalah,

Menjilat bibir menjadi kebiasaan karena semakin kering bibir, semakin kamu menjilatnya, dan semakin kamu menjilatnya, akan semakin kering bibir. Singkatnya, untuk mengakhiri siklus ini, berhenti menjilat bibir.

Penyebab lain yang kurang umum dari bibir kering dan pecah-pecah adalah reaksi alergi terhadap produk atau makanan tertentu, infeksi jamur atau kerusakan akibat sinar matahari. Kekeringan yang terus menerus juga bisa menandakan kurangnya asupan vitamin dalam tubuh.

Betapapun besar keinginannya, jangan mengelupas kulit kering di bibir. Dan jagalah asupan air agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Lip Therapy

Therapy Laser bibir merupakan kegiatan medis yang bertujuan untuk membuat bibir menjadi berwarna merah merona, menghilangkan warna gelap, serta dapat menjadikan bentuknya penuh dan padat.Penggunaan laser untuk mencerahkan warna bibir kebanyakan digunakan oleh orang-orang yang memiliki bibir gelap dan ingin dicerahkan. Treatment ini dilakukan dengan energi yang terlalu besar dan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan harus dengan beberapa sesi. Fungsi laser ini untuk menghancurkan pigmen. Dengan demikian warna bibir dapat dikembalikan pada warna asalnya. Secara garis besar teknik laser menggunakan cahaya menembus ke dalam kulit untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus merangsang sel kulit yang baru.

Manfaat Lip Therapy

Perawatan bibir menggunakan teknologi laser mampu meregenerasi sel kulit, menstimulasi kolagen serta dapat mencegah bibir dari kekeringan dan secara perlahan mampu mengembalikan warna alami bibir.

  • Meregenerasi kulit bibir
  • Meremajakan kulit bibir
  • Melembabkan bibir
  • Merubah warna kulit bibir menjadi cerah alami

Setelah tindakan laser bibir, kulit terluar bibir akan mengelupas dan akan hilang dengan sendirinya. Treatment laser ini menggunakan energi yang bisa saja menyebabkan perlukaan pada area kulit bibir, maka kondisi bibir yang sehatakan sangat mempengaruhi keberhasilan dari treatment ini. Nantinya dokter akan memeriksa kesehatan bibirmu, jika keadaan bibir sedang tidak sehat seperti mengalami herpes atau masalah bibir lainnya maka dokter akan menyarankan kamu untuk mengobatinya terlebih dulu.

Prosedur ini tergolong aman dengan catatan harus dilakukan oleh yang ahli dan profesional dalam bidangnya. NOVI’S Clinic Dermatology menjadi rekomendasi klinik kecantikan terbaik untuk kamu yang ingin melakukan Lip Therapy treatment dan beberapa perawatan kecantikan lainnya. Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di www.novisdermatology.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Kecantikan

Menghidrasi dan Melembapkan Kulit yang Kering

Kesehatan

Ketahui Beberapa Kesalahan Saat Merawat Kulit

Kecantikan

Ketahui Perawatan Kulit untuk Remaja Pemula

Kesehatan

Definisi Kulit Sensitif dan 6 Ciri-Cirinya

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Inilah Kebiasaan Buruk Malam Hari yang akan Merusak Kulitmu