Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Kecantikan

Manfaat Day Cream untuk Kulit Kering yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi pemilik kulit kering, penggunaan krim pelembap wajah merupakan sebuah keharusan yang tak bisa ditawar. Namun adanya berbagai jenis krim pelembap wajah di pasaran dapat membuat Anda kewalahan dan bingung dalam memilihnya. Agar tidak bingung, batasi pilihan Anda pada day cream yang digunakan pada pagi-siang hari dan night cream yang digunakan pada malam hari.

Day Cream dan Perbedaannya dengan Night Cream

Mungkin Anda sudah paham bahwa jenis kulit apapun butuh pelembap yang digunakan pada pagi dan malam hari. Namun tahukah Anda bahwa pelembap yang digunakan pada pagi dan malam hari itu sebenarnya berbeda? Tentu saja berbeda, karena kebutuhan kulit wajah pada pagi-siang dan malam hari berbeda.

Selain mengandung bahan-bahan yang membantu melembapkan kulit wajah, baik day cream dan night cream memiliki kandungan tambahan yang sesuai dengan kondisi kulit pada siang dan malam hari. Pada day cream biasanya ditambahkan kandungan antioksidan dan sunscreen, karena keduanya dapat membantu melindungi kulit wajah dari kerusakan akibat paparan sinar UV dari matahari serta paparan polusi.

Sementara pada night cream, biasanya bahan-bahan aktif yang ditambahkan adalah yang bermanfaat untuk membantu peremajaan kulit. Alasannya adalah karena pada saat tidur malam hari, proses peremajaan kulit berlangsung. Sel-sel kulit yang rusak akan memperbaiki dan merejuvenasi diri agar kondisinya kembali sehat. 

Teksturnya pun berbeda. Krim pelembap yang digunakan pada pagi-siang hari umumnya memiliki tekstur yang lebih ringan, sehingga cepat menyerap walau cuaca panas. Sementara krim pelembap malam memiliki tekstur yang lebih pekat dan berat karena lebih melembapkan dan bernutrisi.

Manfaat Day Cream untuk Kulit Kering yang Wajib Anda Ketahui

Setelah mengetahui perbedaan day dream dan night cream, berarti saatnya mengetahui secara spesifik manfaat dari penggunaan krim pelembap ini untuk jenis kulit kering. Jika ditotal, manfaatnya bisa mencapai 10.

  • Melembapkan kulit wajah

Kulit yang kering hanya memproduksi sedikit minyak untuk melembapkan atau menghidrasi kulit secara alami. Maka Anda harus menjaga kelembapan serta hidrasinya. Jika kulit wajah terhidrasi dengan baik, maka kadar air di kulit tercukupi seingga sel-sel kulit tetap segar dan lembap. Di sinilah day cream berperan dengan membantu melembapkan kulit pada pagi-siang hari. Pilih juga pelembap kulit yang mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid dan glycerin

  • Memberi perawatan anti-aging

Penggunaan day cream secara rutin juga dapat membantu memperlambat penuaan kulit Anda. Jika tidak dilembapkan dan dihidrasi dengan baik, maka kulit wajah yang kering rentan muncul garis-garis halus dan kerutan yang merupakan tanda-tanda penuaan kulit.

  • Melindungi kulit wajah

Penggunaan pelembap pada pagi dan siang hari akan membentuk semacam lapisan di permukaan kulit sehingga kulit wajah tidak langsung terpapar sinar matahari dan polusi, dua agresor lingkungan penyebab kerusakan kulit. Selain itu, umumnya produk krim pagi memiliki kandungan bahan yang ikut berperan dalam melindungi kulit dari agresor-agresor lingkungan pada pagi-siang hari.

  • Mencegah cairan dari lapisan kulit menguap

Pelembap bekerja dengan membentuk lapisan di atas permukaan kulit. Ini bermanfaat untuk mencegah cairan yang terdapat di dalam lapisan kulit dan di permukaan kulit untuk menguap. Dengan demikian, kulit wajah tetap terjaga kekenyalan dan kesegarannya.

  • Memperbaiki dan menguatkan skin barrier

Saat ini, krim wajah yang bermanfaat memperbaiki dan menguatkan skin barrier sedang menjadi tren. Skin barrier adalah lapisan penghalang terluar yang membatasi kulit dengan lingkungan, sehingga sangat mudah rusak saat menjalankan tugasnya. Day cream dengan kandungan ceramide dan hyaluronic acid dapat membantu menjaga agar kondisi skin barrier tetap ideal dan berfungsi optimal.

  • Mencerahkan kulit wajah

Kulit yang cerah tidak berarti putih, tapi tampak paling terang seperti pada kulit bagian dalam lengan Anda. Kulit yang lembap dan terhidrasi dengan baik merupakan dasar dari kulit yang cerah, dan Anda bisa mendapatkan dengan menggunakan krim pelembap.

  • Menghaluskan dan melembutkan kulit wajah

Krim pelembap umumnya mengandung bahan-bahan emolien yang dapat masuk ke celah-celah di permukaan kulit lalu mengisinya. Ini membuat kulit kering yang tekstur alaminya kasar menjadi lebih lembut dan halus saat disentuh.   

  • Menenangkan kulit kering

Kulit kering umumnya mudah iritasi dan mengalami gatal-gatal, terutama saat berada di udara yang kering. Kondisi ini dapat diatasi dengan menggunakan day cream yang dapat membantu melembapkan dan menghidrasi kulit, sehingga kulit yang iritasi menjadi kembali tenang.

  • Membuat kulit wajah glowing

Masalah yang sering dialami oleh kulit wajah kering adalah kulit yang tampak kusam dan kehilangan cahaya alaminya. Ini terjadi karena kulit wajah kekurangan minyak alami untuk melembapkan kulit. Penggunaan krim pelembap pagi secara teratur akan membantu Anda mendapatkan wajah yang lembap, terhidrasi, dan glowing

Kamu bisa cari tahu berbagai macam Produk yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui www.storenovis.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Kecantikan

Menghidrasi dan Melembapkan Kulit yang Kering

Kecantikan

Ketahui Perawatan Kulit untuk Remaja Pemula

KecantikanKesehatan

Mitos Seputar Jerawat yang  Kamu Mesti Hindari

Kecantikan

Tips Mendapat Antioksidan untuk Kesehatan Kulit Wajah

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Inilah Pemicu Penuaan Dini yang Terjadi Pada Kulit Wajah dan Cara Mengatasinya