Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Kamu Punya Masalah dengan Stretch Mark? Yuk, Pelajari Lebih Jauh Penyebab dan Cara Mengatasinya

Stretch mark merupakan salah satu permasalahan yang kini banyak dialami oleh wanita khususnya pada wanita yang sudah memiliki anak. Walaupun tidak terlalu membahayakan, tetapi hal ini akan mengganggu kenyamanan wanita dalam hal berpenampilan.

Streatch mark adalah jenis luka yang terjadi pada bagian kulit tertentu. Kemunculan stretch mark berupa garis-garis kemerahan atau kecokelatan  serta terasa menonjol dan gatal. Masalah kulit ini lebih sering terjadi  pada perempuan dibanding laki-laki. Kondisi kulit trsebut umumnya sering terjadi pada wanita hamil. Pada periode itu, bagian tubuh wanita tumbuh cepat sehingga kulit tidak bisa mengimbanginya. Hal ini pula yang membuat serat elastis di bawah lapisan kulit pecah dan memunculkan bekas yaitu stretch mark.

Awalnya, stretch mark akan muncul sebagai garis tipis kemerahan atau ungu pada kulit yang memiliki tekstur berbeda dari lapisan kulit disekitarnya. Munculnya stretch mark dapat disebabkan karena elastisitas kulit melewati batasnya sehingga menyebabkan munculnya guratan-guratan tersebut. Ketika seseorang mengalami pubertas, pertumbuhan kulit bisa menyebabkan stretch mark. Lalu ketika seorang wanita hamil, kemungkinan besar mengalami stretch mark besar. Selain wanita hamil, stretch mark juga dapat terjadi pada seseorang yang mengalami kenaikan berat bedan yang cepat.

Seiring bertambahnya berat badan pada wanita hamil, perutnya akan terasa gatal dan tegang. Tanda stretch mark akan terlihat pada kulit yang berwarna kemerahan. Warna tersebut perlahan akan berubah menjadi putih atau abu-abu setelah wanita hamil melewati  fase melahirkan. Setelah itu guratan-guratan tersebut akan berubah dan memudar menjadi lebih terang dan hampir transparan hingga mengkilap.

Stretch mark memiliki beberapa variasi, tergantung lama waktu stretch mark itu muncul dan perbedaan jenis kulit, diantaranya :

  • Garis pada perut, payudara,pinggul, paha dan bokong
  • Lekukan berjajar atau garis-garis di kulit
  • Warna merah muda, merah, hitam, biru dan keunguan
  • Garis terang yang memudar

Tingkat keparahan stretch mark dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk kecenderungan genetik, tingkat stress pada kulit, dan tingkat hormon kortison yaitu hormon yang melemahkan serat elastis pada kulit.

Pertumbuhan tubuh saat berpengaruh dengan terjadinya stretch mark, serat penghubung di dermis perlahan meregang. Namun, ketika pertumbuhannya cukup cepat, peregangan secara tiba-tiba tak terhindarkan. Hal ini yang menyebabkan dermis robek , kemungkinan lapisan kulit yang lebih dalam terlihat. Ini bisa menjadi guratan pada kulit atau stretch mark terjadi.

Adakah cara untuk mencegah stretch mark?

Sejatinya, tidak ada cara yang benar-benar efektif untuk mencegah stretch mark. Cara terbaik untuk mengurangi kemungkinan munculnya stretch mark adalah dengan menjaga berat badan yang sehat. Bagi wanita hamil, selama kehamilan berat badan akan bertambah dalam kurun waktu yang relatif singkat.

Perawatan untuk Menghilangkan Stretch Mark

Perawatan kulit berikut ini dapat menghilangkan stretch mark, diantaranya :

  1. Microneedle Treatment

Microneedle adalah tindakan menggunakan jarum-jarum kecil yang dapat digunakan untuk berbagai kondisi. Mengatasi jerawat, kerutan, hingga untuk memasukan obat tertentu. Selain itu, tindakan microneedle dapat juga dilakukan untuk mengatasi melasma atau flek hitam pada wajah, pori-pori yang besar, elastisitas kulit yang menurun, dan juga warna kulit tidak merata.

Microneedle dapat dilakukan pada masalah kulit diantaranya :

  • Masalah pigmentasi
  • Jaringan parut
  • Keriput
  • Kulit berjerawat
  • Alopecia
  • Stretch mark
  • Rosacea
  • Kulit yang mengendur
  • Luka bakar
  • Microdermabrasi

Microdermabrasi adalah jenis perawatan yang melibatkan alat genggam yang menggunakan kristal ke kulit. Kristal-kristal ini yang nantinya akan dengan lembut mmenghilangkan lapisan kulit yang halus serta mendorongpertumbuhan kulit baru.

Masalah stretch mark tentu tidak boleh diabaikan. Wanita maupun pria harus melakukan pencegahan sedini mungkin. Jika kamu termasuk seorang yang sudah memiliki masalah kulit ini, baiknya segera konsultasikan ke dokter spesialis profesinal yang bisa kamu temui di  NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi. Setelah itu, dokter akan mengarahkan treatment apa yang dibutuhkan oleh kulitmu.

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Perawatan

Rahasia Tampil dengan Kulit yang Selalu Muda

Perawatan

Memahami Makna Kulit Sehat dan Ideal untuk Tetap Tampil Cantik

Perawatan

Melawan Tanda-tanda Penuaan Dini dengan Collagen Stimulator Treatment

Perawatan

Mengenal Elektocauter Treatment untuk Mengatasi Beberapa Masalah di Kulit

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Microneedle Dermapen Treatment, Cara Instan Usir Flek Hitam dan Bekas Jerawat