Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Kesehatan

Inilah Penyebab Tumbuhnya Kutil dan Cara Mengatasinya

Kutil adalah tonjolan pada kulit sebagai hasil penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan. Umumnya berukuran kecil, meski ada pula yang cukup besar.

Kutil bisa muncul di mana saja di bagian tubuh manusia. Dari kaki, punggung, wajah, hingga yang seringkali terjadi pada tangan atau jari tangan. Kelainan kulit jenis ini umumnya kasar saat diraba dan terkadang ditandai oleh adanya titik hitam kecil.

Penyebab Kutil

Kutil disebabkan oleh infeksi virus dan ditularkan melalui sentuhan. Anak-anak dan remaja adalah populasi yang cukup rentan terhadap kutil karena sistem daya tahan tubuh mereka yang kadangkala belum stabil. Kutil dapat mati dengan sendirinya. Tetapi sebagian besar orang memilih untuk melakukan pengangkatan karena pertimbangan estetika atau rasa risih. 

Salah satu penyebab timbulnya kutil adalah infeksi human papillomavirus (HPV). Terdapat lebih dari 100 jenis HPV, namun hanya beberapa yang dapat menyebabkan timbulnya kutil di tangan. Sebagian jenis lain HPV bisa menyebabkan timbulnya kutil pada bagian tubuh lain, dan sebagian jenis lainnya bisa menyebabkan kondisi yang serius seperti kanker leher rahim.

Kutil yang merupakan infeksi virus dapat ditularkan melalui kontak kulit dengan orang yang memiliki kutil. Seseorang yang memiliki kutil juga dapat menyebarkan kutil tersebut ke bagian tubuh lainya. Virus dapat masuk ke tubuh melalui celah di antara kulit, seperti pada luka atau bekas sayatan di kulit. Meski bisa menyusup, tidak semua orang yang terpapar HPV akan mengalami infeksi kulit dan berlanjut menjadi kutil. Ini karena daya tahan tubuh masing-masing orang memiliki respons yang juga berbeda-beda terhadap HPV.

Mereka yang memiliki risiko tinggi mengalami kutil adalah:

  • Anak-anak dan dewasa muda
  • Orang dengan sistem daya tahan tubuh yang sedang menurun, seperti orang yang sakit berat, mengidap sindrom HIV/AIDS, atau mereka yang pernah menjalani transplantasi organ

Gejala Kutil

Ada beberapa tanda yang dapat ditemui pada keluhan kutil, yaitu:

  • Munculnya tonjolan kecil pada kulit
  • Warna tonjolan yang bisa jadi sewarna kulit, putih, pink, atau kecoklatan
  • Kasar pada perabaan
  • Adanya titik hitam kecil, yang merupakan pembuluh darah kecil yang tersumbat 

Diagnosis Kutil

Pada sebagian besar kasus, diagnosis dari kutil bisa diketahui lewat dari wawancara medis, pemeriksaan fisik langsung, dan pemeriksaan penunjang. Umumnya, lapisan atas kutil akan dikikis untuk melihat adanya titik gelap yang menunjukkan sumbatan pembuluh darah, yang umum terjadi pada kutil. 

Menghilangkan Kutil

Elektrocauter Treatment

Prosedur ini merupakan Teknik perawatan dengan memanaskan suatu jaringan kulit menggunakan energi listrik. Metode untuk menghilangkan jaringan pada bagian atas kulit yang sudah mati seperti kutil, tahi lalat, komedo yang sudah mengeras, lemak, milia, dan jaringan mati lainnya yang tidak diinginkan.

Salah satu cara untuk menghilangkan keloid adalah dengan Elektrocauter.

Penggunaan cara menghilangkan Keloid yang salah bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Berikut ini adalah penjelasan tentang cara mempercepat  menghilangkan      Keloid dengan beberapa metode perawatan yang bisa kamu lakukan  di klinik rekomendasi terbaik yaitu NOVI’S Dermatology Bekasi.

Perawatan Electrocautery merupaka tindakan medis yang dilakukan untuk menghilangkan jaringan abnormal seperti milia di kulit, skintag maupun menghentikan pendarahan. Prosedur ini dilakukan menggunakan alat bernama electrocauter yang bekerja dengan cara memanfaatkan aliran listrik dan menghasilkan efek panas untuk membakar maupun memotong jaringan.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di www.novisdermatology.co.id

Sahabat NOVI’S juga bisa menyaksikan beberapa treatment di youtube channel NOVI’S Dermatology

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Kesehatan

Ketahui Beberapa Kesalahan Saat Merawat Kulit

Kesehatan

Definisi Kulit Sensitif dan 6 Ciri-Cirinya

KecantikanKesehatan

Mitos Seputar Jerawat yang  Kamu Mesti Hindari

Kesehatan

Kulit Berminyak Juga Kaya Akan Manfaat untuk Kesehatan Kulit

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Bahayakah Skintag? Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkannya