Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Kecantikan

Inilah Keuntungan Jika Kamu Merawat Kulit dengan Benar

Pelembap dan pembersih wajah adalah dua perawatan dasar yang tak bisa dilepas. Usai membersihkan wajah, kulit harus diberi pelembap agar tetap terhidrasi. Pada kasus serius, kurangnya hidrasi kulit dapat membuat kulit retak dan bercelah sehingga menimbulkan infeksi dan peradangan.

Wajah perlu dirawat agar terhindar dari komedo, jerawat, hiperpigmentasi, kulit kusam, hingga penuaan dini. Pertanyaannya adalah, Kapan perawatan wajah harus dimulai?. Jawabannya adalah sedini mungkin, dimulai dari rutin cuci muka hingga pakai skin care. Namun secara umum, perawatan wajah dianjurkan bagi orang berusia 20-an tahun atau yang kulitnya rentan bermasalah.

Masalah kulit sering terjadi akibat paparan sinar UV matahari berlebih, debu, dan polusi udara. Bahkan gaya hidup juga ikut berperan dalam menyebabkan masalah kulit seperti kebiasaan merokok, minum alkohol, kurang tidur, jarang berolahraga, dan stres. Maka itu, ada baiknya kamu merawat wajah sedini mungkin dengan cara memakai tabir surya minimal SPF 30 saat beraktivitas di luar ruangan dan cuci muka dua kali sehari (terutama sebelum tidur).

Perawatan dari dalam juga dibutuhkan agar kesehatan kulit optimal. Di antaranya dengan perbanyak minum air putih, konsumsi makanan sehat (terutama buah dan sayuran), kelola stres, tidur cukup, dan rutin berolahraga. Apa manfaat perawatan kulit sejak dini?

1. Terhindar dari Masalah Kulit

Kebiasaan merawat kulit wajah sejak dini bisa mencegah komedo, jerawat, dan kulit kusam. Contohnya kebiasaan cuci muka yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran, debu, dan bakteri penyebab jerawat. Penggunaan tabir surya juga membantu mencegah kulit gelap (hiperpigmentasi), kulit kusam, dan penuaan dini akibat paparan sinar UV berlebih.

2. Bikin Awet Muda

Seiring bertambahnya usia, proses regenerasi kulit melambat dan produksi kolagen berkurang. Hal ini membuat kulit kehilangan elastisitasnya hingga rentan berjerawat, kusam, serta muncul garis-garis halus dan keriput di wajah. Meski penuaan nggak bisa dihindari, kamu bisa memperlambat prosesnya dengan merawat kulit sejak dini.

3. Kulit Berfungsi Optimal

Kulit bukan sekadar lapisan terluar tubuh, melainkan organ terbesar yang punya fungsi penting. Utamanya adalah untuk melindungi organ dan jaringan tubuh dari infeksi bakteri dan paparan radikal bebas. Kulit juga membantu proses regulasi suhu tubuh, ekskresi racun, penyerapan oksigen dan nutrisi, mencegah tubuh kehilangan cairan dan zat penting, serta berperan dalam sistem imun dan endokrin. Fungsi kulit tersebut akan optimal jika kamu merawatnya sejak dini.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Bukan rahasia lagi kalau kulit sehat bisa meningkatkan rasa percaya diri. Makanya nggak heran kalau banyak orang, khususnya para wanita, yang merawat kulit. Mulai dari rutin cuci muka, pakai masker wajah, hingga suncare. Perawatan dasar bisa dilakukan di rumah dan menyempurnakannya dengan perawat kulit  di NOVI’S Clinic Dermatology.

Tutup rangkaian perawatan dasar itu dengan menggunakan NOVI’S SUNCARE terutama pada puncak waktu panas. Meski demikian sangatmenyarankan untuk menggunakan suncare sepanjang waktu, saat di luar maupun dalam ruangan, ketika cuaca mendung ataupun cerah.

Pastikan juga membersihkan wajah dua kali sehari, yaitu pagi hari dan sebelum beristirahat di malam hari. Kamu cukup bersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah di pagi hari.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam Produk yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui www.store.novis.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Kecantikan

Menghidrasi dan Melembapkan Kulit yang Kering

Kecantikan

Ketahui Perawatan Kulit untuk Remaja Pemula

KecantikanKesehatan

Mitos Seputar Jerawat yang  Kamu Mesti Hindari

Kecantikan

Tips Mendapat Antioksidan untuk Kesehatan Kulit Wajah

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.