Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Ini Penyebab dan Cara Merawat Kulit Sensitif Yang Harus Kamu Tahu

Jenis kulit sensitif merupakan suatu kondisi kulit bereaksi berlebihan karena faktor genetik atau lingkungan. Kulit sensitif bisa semakin memburuk jika dibiarkan terpapar udara lembab maupun kering. Keadaan parahnya jenis kulit yang sensitif adalah iritasi yang tidak segera ditangani. Faktor lingkungan berpengaruh besar pada munculnya kulit sensitif. Produk kosemetik, sabunm lotion, detergen, dan pewangi bisa menyebakan kulit rentan mengalami peradangan. Selain itu penggunaan yang tidak benar serta berlebihan menjadi faktor pendukung penyebab kulit sensitif.

Pemilik kulit sensitif memilki skin barrier yang lebih tipis dibanding jenis kulit lain. Sehingga jika ada kandungan di dalam pelembab atau sunscreen yang tidak tepat, dapat membuat kulitmu tidak nyaman  seperti merasakan panas hingga terbakar. Paparan berlebih terhadap faktor lingkungan seperti sinar matahari dan polusi. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memilih jenis perawatan kulit yang tepat dan meminimalkan kontak dengan penyebab kulit menjadi sensitif.

Memilki kulit sensitif biasanya merasakan sensasi yang tidak menyenangkan, rasa perih, kencang,gatal atau panas kadang juga disertai dengan kulit kering dan kemerahan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya fungsi pertahanan pada kulit dan ujung saraf yang terlalu sensitif, sehingga menyebabkan rasa sakit dalam menanggapi rangsangan  yang sebenarya tidak berbahaya. Perlu kamu ketahui bahwa, sensitivitas dapat mempengaruhi jenis kulit apapun, dari kulit remaja yang cenderung berminyak dan mudah berjerawat, hingga kulit dewasa dan kering.

Berikut ini adalah sejumlah faktor yang akan memperburuk keadaan kulit sensitif, diantaranya :

  • Paparan sinar matahari
  • Suhu yang terlalu dingin dan panas
  • Polusi udara, misalnya debu dan asap kendaraan
  • Perubahan hormon saat mentruasi
  • Stress yang berlebihan
  • Kebiasaan buruk menggonta ganti produk kosmetik

Selain itu, kulit sensitif juga dapat disebabkan oleh gangguan kulit  seperti eskim, rosacea, dan dermatitis kontak.

Ciri Kulit Sensitif

  • Mengelupas

saat kulitmu mengelupas, keadaan dimana kulit wajahmu  mennadakan ada suatu keganjilan pada kelembapan kulit. Biasanya pengelupasan terjadi  di beberapa area wajah, tapi tidak menutup kemungkinan juga bisa merambat ke seluruh bagian wajah . apabila pengelupasan yang terjadi pada kulit sudah terasa berlebihan, hal tersebut bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor seperti keseringan eksfoliasi, dan tidak memakai pemebap.

  • Muncul Ruam atau Kemerahan

Kulit wajah yang sensitif akan memperlihatkan respon memerah dan muncul ruam di sekitar kulit wajah ketika kondisi kulit wajah tidak menentu. Tetapi jika kulit wajah terus menerus mermerah, baiknya kamu segera konsultasikan ke dokter agar dapat segera ditangani.

  • Alergi

Ketika kamu merasa tidak cocok dengan suatu produk kosmetik, sebaiknya kamu jangan terlalu buru-buru menggantinya dengan produk lain. Baiknya kamu bisa menghentikan dulu sejenak pemakaiannya selama beberapa minggu, sapai keadaan kulit membaik. Setelah itu baru kamu bisa berkonsultasi dengan dokter terkait kandungan produk dalam skincare yang kamu butuhkan.

Cara Mengatasi Kulit Sensistif

Gunakanlah Produk yang tepat untuk kebutuhan kulit wajahmu, karena sifat sensitif  dari kulit itu mudah bereaksi terhadap suatu produk ataupun cuaca. Kamu harus lebih teliti dalam memilih kandungan dalam produk skincare yang kamu pakai.

Pemakaian suncare kerap sering sekali terlewati oleh beberapa orang. Padahal menggunakan suncare sebelum beraktivitas juga penting agar kulit  tetap sehat, lembab dan cerah alami. Jika melewatkan pengaplikasian suncare, sinar UV dapat memberikan dampak buruk bagi kulitmu. Diantaranya adalah kulit kering, munculnya sunspot, kulit terbakar, penuaan dini, hingga risiko terkena kanker kulit yang meningkat. Sebaiknya kamu jangan pernah melewatkan rutinitas ini agar kesehatan kulitmu terjaga.

Dengan melakukan double cleansing, segala kotoran, bakteri, debu, minyak, dan sisa makeup akan terangkat semua. Setelahnya, kulit akan jauh lebih bersih dan sehat. Selain itu dengan double cleansing, rangkaian skincare yang akan kita aplikasikan ke wajah akan lebih mudah meresap ke kulit yang sudah benar-benar dalam kondisi bersih. Namun Sahabat NOVIS’S, melakukan double cleansing paling efektif adalah saat malam hari, saat kamu selesai beraktivitas dan hendak tidur. Tapi bagi kamu yang punya masalah dengan kulit berminyak, kamu boleh melakukannya di pagi hari atau menyesuaikan kondisi kulitmu.

  • Hindari Menyentuh Wajah

Hindarilah penyentuhan wajah yang terlalu sering, sebab aktivitas ini  berpotensi memindahkan kotoran dan bakteri yang ada pada jari ke wajah. Karena hal ini dapat membuat kulit sensitifmu bereaksi lebih cepat, kemudian akan memicu munculnya jerawat dan masalah kulit lainnya.

Rekomendasi Produk

Diperkaya dengan kandungan aloevera mumbantu melembabkan dan melembutkan kulit wajah, serta kandungan UV yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Dibuat dengan formula yang ringan, tidak terasa tebal serta mampu menyamarkan noda-noda hitam agar kulit tampak lebih merata dan terlihat lebih bercahaya.

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Perawatan

Rahasia Tampil dengan Kulit yang Selalu Muda

Perawatan

Memahami Makna Kulit Sehat dan Ideal untuk Tetap Tampil Cantik

Perawatan

Melawan Tanda-tanda Penuaan Dini dengan Collagen Stimulator Treatment

Perawatan

Mengenal Elektocauter Treatment untuk Mengatasi Beberapa Masalah di Kulit

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Kenali Prosedur dan Manfaat Perawatan Picoglow Laser, Hasilnya Bikin Kulit Glowing