Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

KecantikanKesehatanPerawatan

Faktor Penyebab Munculnya Keriput Pada Wajah dan Cara Mengatasinya

Garis-garis halus yang sudah muncul pada wajah merupakan tanda-tanda awal dari proses penuaan kulit, garis-garis halus umumnya muncul pada kulit yang sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, leher, lengan dan tangan. Merupakan hal yang wajar jika garis halus ini muncul sesuai usia, jika muncul lebih awal maka hal ini wajib di hindari dan dicegah. Merawat kulit sesuai dengan keluhan diiringi dengan gaya hidup sehat menjadi factor utama untuk mencegah penuaan lebih awal.

Penyebab Terbentuknya Garis Halus Pada Wajah

Memasuki usia 25 tahun kondisi kulit perlahan-lahan akan menurun, sebagian dari kita tidak merasakan karena prosesnya berjalan sangat lambat, namun begitu usia anda memasuki 30 tahun, maka proses penuaan kulit berjalan sangat cepat, beberapa area wajah seperti jidat, garis senyum bermunculan dan semakin terlihat. 

Pada saat kondisi kesehatan kulit prima, kerutan yang terbentuk pada saat wajah sedang berekpresi akan menghilang dan akan Kembali seperti semula, namun jika kullit semakin menua ditambah perawatan kulit tidak optimal maka gari-garis halus atau kerutan akan menetap dan semakin dalam dari waktu ke waktu. 

Beberapa factor penyebab terjadinya penuaan dini pada kulit serta berpotensi menimbulkan garis-garis halus diantaranya adalah:

  • Paparan sinar matahari dan ultraviolet dalam jangka Panjang sangat berperan penting dalam mempercepat proses penuaan kulit, lebih dari 80 persen garis-garis halus disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet. Hal ini disebabkan karena sinar ultraviolet dapat merusak elastin serta kolagen dilapisan dermis kulit. Kemudian kerusakan jaringan ikat kulit akan membuat kulit semakin kendur dan keriput akan terlihat lebih cepat. 
  • Selain sinar ultraviolet rokok juga dapat merusak kolagen dan elastin kulit, hal itu disebabkan karena nikotin yang terkandung didalam asap rokok dapat menyebabkan pembuluh darah pada lapisan luar (dermis) menyempit, dengan kondisi demikian akan menyebabkan aliran darah kekulit terganggu sehingga kulit akan kekurangan oksigen serta nutrisi.
  • Kekurangan cairan pada kulit (dehidrasi), berkurangnya cairan pada kulit akan menyebabkan sel-sel kulit menjadi mengerut serta kekenyalanya akan berkurang. Kondisi ini juga dapat menjadi factor penyebab timbulnya garis-garis halus pada wajah. Jika seudah terbentuk makan kerutan akan semakin terlihat jelas.
  • Asupan makanan tidak sehat, makanan dan minuman tidak semua sehat untuk kita konsumsi terlebih lagi dalam jumlah banyak karena akan mempengaruhi kondisi kesehatan kulit. Makanan dan muniman yang terlihat enak dan lezat bahkan selama ini Anda mengira itu sangat aman untuk di konsumsi justru adalah makanan dan minuman yang sangat berbahaya seperti garam, daging olahan, makanan pedas, bahakan air mineral kemasan.

Cara Mencegah Gari-Garis Halus Pada Wajah

Untuk mencegah terbentuknya garis-garis halus pada wajah yaitu dengan menghindari factor-faktor penyebab. Serta bisa Anda terapkan sebagai cara mencegah munculnya garis-garis halus tanda-tanda penuaan dini lainnya seperti, kulit berjerawat, kering, kusam serta hiperpigmentasi.

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

  • Gunakakan sunscreen dengan kandungan SPF disesuaikan dengan kegiatan anda seperti yang terdapat di NOVI’S Dermatology Clinic yaitu Suncare With SPF 50 serta Suncare WP With SPF 30sunscreen harus selalu digunakan untuk melindungi kulit wajah dari efek buruk sinar ultraviolet dalam jangka panjang. Gunakan sunscreen dalam jumlah yang cukup dengan pengulangan setiap 3-8 jam.
  • Metode lain untuk menangani garis-garis halus adalah dengan prosedur medis, seperti dermabrasi kulit, botox dan PRP. Masing-masing prosedur tersebut memiliki efek samping yang berbeda-beda. Untuk melakukan prosedur medis tersebut Anda dapat mengunjungi NOVI’S Dermatology Clinic yang berlokasi di Bekasi dan dapat dilakukan pada masing-masing cabang.
  • Menerapkan gaya hidup sehatseperti, berhenti merokok serta minum minuman beralkohol secara berlebihan, istirahat yang cukup serta rutin melakukan olahraga agar dapat membantu kulit anda dalam kondisi prima.

Untuk hasil yang optimal mencegah munculnya garis-garis halus pada wajah, gunakan NOVI’S Serum Rejuvenation bersamaan dengan rangkaian NOVI’S PACKAGE NORMAL SKIN – BRIGHTENING Anda bisa mendapatkan produk -produk lainnya secara online di website Official NOVI’S Store dan marketplace atau e-comers lainnya.

(Perial D)

Related posts
Perawatan

Rahasia Tampil dengan Kulit yang Selalu Muda

Kecantikan

Menghidrasi dan Melembapkan Kulit yang Kering

Perawatan

Memahami Makna Kulit Sehat dan Ideal untuk Tetap Tampil Cantik

Kesehatan

Ketahui Beberapa Kesalahan Saat Merawat Kulit

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Selain Sinar Matahari, Ini 5 Faktor Lain Yang Meningkatkan Risiko Kanker Kulit