Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Fakta Menarik Tetap Menggunakan Suncare Meski di Dalam Ruangan

Selama ini Anda sudah tahu bahwa Anda wajib menggunakan suncare wajah saat di luar ruangan untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV. Apalagi mengingat Indonesia beriklim tropis dengan matahari yang bersinar sepanjang tahun, tentunya penggunaan tabir surya adalah sebuah keharusan sehari-hari. Namun, bagaimana jika di dalam rumah, perlukah memakai suncare di dalam ruangan?

Banyak orang yang merasa kulit mereka jadi lebih terang karena tak terpapar teriknya matahari. Sayangnya, karena tidak lagi ke luar rumah, banyak yang lantas melupakan dan melewatkan kebiasaan harian menggunakan suncare wajah. Padahal suncare sebaiknya tak hanya digunakan saat berada di luar rumah, tapi juga saat di dalam rumah.

Agar lebih jelas tentang penggunaan suncare, ketahui mitos dan fakta seputar pakai suncare di rumah dan di dalam ruangan untuk melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar UV. 

Memaikai Suncare Meski di Dalam Ruangan

Mungkin Anda pikir Anda terlindungi dari paparan sinar UV dari matahari saat berada di dalam ruangan. Namun Anda perlu tahu kalau sinar matahari tetap bisa masuk melalui jendela dan mengenai kulit wajah. Jadi, Anda tetap perlu menggunakan suncare untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV walau di dalam rumah. Sinar UVA, yang merupakan 95% dari cahaya matahari yang mencapai Bumi, masih bisa masuk melalui jendela dan menyentuh kulit. Setelah masuk di dalam rumah, sinar UVA akan dipantulkan oleh lantai, cermin, beton, dan permukaan datar lainnya sehingga dapat menjangkau sudut-sudut rumah.


Karena itu, perkataan bahwa Anda tak perlu menggunakan suncare wajah di dalam rumah itu hanya mitos. Jika Anda sudah tahu dampak buruk dari radiasi sinar UV, Anda pasti tak ingin melewatkan pemakaian tabir s  urya ini. Radiasi sinar UVA, atau disebut juga UV Aging, dapat membuat kulit wajah Anda mengalami penuaan berupa munculnya garis-garis halus, kerutan, dan noda hitam (hiperpigmentasi), serta berkurangnya elastisitas kulit. Bahkan menurut penelitian, 80% dari penuaan kulit wajah terjadi akibat paparan sinar UV. Tak hanya itu, sinar UVA dapat merusak DNA dan menyebabkan kanker kulit yang mematikan, yaitu melanoma.


Jika lapisan dalam kulit rusak akibat radiasi sinar UVA, maka permukaan kulit dirusak oleh radiasi sinar UVB (UV Burning). Paparan sinar UVB dengan cepat dapat membuat kulit kusam, kemerahan, dan terbakar, serta dapat menyebabkan terjadinya beberapa jenis kanker kulit. Karena gelombang sinar UVB lebih pendek maka tidak dapat menembus kaca jendela, namun tetap saja, Anda disarankan menggunakan suncare wajah di dalam rumah sebagai perlindungan dari sinar UVA.  

Suncare Juga Bisa Melindungi dari Bahaya Sinar Lain


Selain sinar UV, ada beberapa jenis sinar lain yang bertebaran di dalam rumah perlu Anda ketahui. Visible light adalah cahaya yang bisa Anda lihat keberadaannya, ini termasuk cahaya dari sumber alami (seperti sinar matahari) dan cahaya artifisial (sinar biru dari layar gawai). Sinar ini juga bisa mengacu kepada HEV (High Energy Visible) light. 

Menurut penelitian, sinar biru yang berasal dari gawai elektronik, seperti layar ponsel, komputer, atau tablet, dapat memberi dampak negatif yang serupa seperti sinar UV dari matahari, yaitu meningkatkan aktivitas radikal bebas yang bisa merusak sel-sel kulit. Hal ini disebabkan oleh stres oksidatif sehingga dapat merusak jaringan kolagen dan menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan kulit, serta kulit mengalami peradangan dan kemerahan.


Kekuatan sinar biru ini memang tidak sebesar sinar UV, namun tetap perlu Anda waspadai. Pemakaian suncare wajah dapat membantu menghalangi paparan sinar biru ini di kulit wajah sehingga dampak negatifnya pun bisa dikurangi. 

NOVI’S Suncare

Diperkaya dengan kandungan aloevera mumbantu melembabkan dan melembutkan kulit wajah, serta kandungan UV yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Dibuat dengan formula yang ringan, tidak terasa tebal serta mampu menyamarkan noda-noda hitam agar kulit tampak lebih merata dan terlihat lebih bercahaya.

Pemakaian suncare kerap sering sekali terlewati oleh beberapa orang. Padahal menggunakan suncare sebelum beraktivitas juga penting agar kulit  tetap sehat, lembab dan cerah alami. Jika melewatkan pengaplikasian suncare, sinar UV dapat memberikan dampak buruk bagi kulitmu. Diantaranya adalah kulit kering, munculnya sunspot, kulit terbakar, penuaan dini, hingga risiko terkena kanker kulit yang meningkat. Sebaiknya kamu jangan pernah melewatkan rutinitas ini agar kesehatan kulitmu terjaga.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di www.novisdermatology.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Perawatan

Pico Glow Laser Glowing Tanpa Downtime

Perawatan

Solusi Hidung Mancung Instan dengan Nose Up/Tanam Benang Hidung

Perawatan

Trend Hidung Mancung dengan Prosedur Implant

Perawatan

Kelembapan Kulit Berkurang Akibat Penuaan

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Worth reading...
Inilah Pemicu Penuaan Dini yang Terjadi Pada Kulit Wajah