Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

KecantikanPerawatan

Dengan Suntik Botox, Wajah Terlihat Lebih Muda 10 Tahun

Seiring bertambahnya usia bentuk wajah akan berubah, dan tekstur kulit akan  menjadi kendur, keriput dan tidak terasa kencang lagi. Penuaan merupakan hal yang secara alami dialami oleh setiap orang. Banyak faktor yang mengakibatkan hal tersebut, seperti faktor biokimia, histologi, pajanan lingkungan, tarikan gravitasi, tekanan terus menerus pada wajah pergerakan wajah berulang-ulang, stress, emosi dan banyak hal lain.

Perkembangan teknologi kecantikan sudah semakin canggih, sehingga peristiwa ini kerap memberikan banyak solusi atas keluhan-keluhan yang terjadi pada masalah kulit. Dunia kecantikan selalu menyediakan treatment yang beragam salah satunya adalah botox. 

Perawatan dengan Botulinum Toxin  atau biasa disebut Botox merupakan salah satu prosedur anti-penuaan (anti aging) yang paling terkenal saat ini. Fungsi botox untuk meminimalisir munculnya garis halus hingga keriput di wajah. Biasanya kerutan yang muncul akibat ekspresi wajah seperti, tersenyum, mengernyit, menangis dan cemberut. Kerutan ekspresi wajah inilah yang menyebabkan kulit mengendur.

Tindakan suntik botox merupakan suatu usaha untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dengan cara menyuntikan Botulinum toxin A. Namun treatment ini tidak dapat menghilangkan kerutan akibat aktinik. Clostridium Botolinum merupakan bakteri gram positif yang bersifat obligat, anaerob, membentuk spora dan banyak ditemukan di tanah , tersebar di seluruh dunia.

Clostridium Botulinum dapat menghasilkan eksotoksin yang sangat beracun, terdapat 7 serotipe yaitu : A,B,C,D,E,F, dan G. Neurotoksin tipe A yang paling poten. Bakteri tersebut akan mengeluarkan toksin yang membuat tidak adanya peleppasan asetilkolin dari membrane presinaptik dari neuromuscular junction otot serat lintang dan berakibat otot melemah atau paralisis. Efek tersebut dapat terlihat 24-72 jam setelah injeksi, paling lama 1-2 minggu.

Perawatan dengan botox sederhana dan cepat. Yang melibatkan penyuntikkan toksin botulinum dalam dosis kecil dan terkendali ke area kunci di sekitar kerutan menggunakan jarum kecil. Tergantung area target dan tujuan dari tindakan tersebut, lebih dari satu suntikan mungkin diperlukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Lalu berapa lama efek botox itu bertahan?

Efek botox umumnya akan berkurang dan menghilang setelah 3–6 bulan sehingga dibutuhkan penyuntikan kembali. Setelah itu, lambat laun otot akan berkontraksi lagi dan kerutan di kulit bisa muncul kembali. Meski begitu, kerutan tidak separah sebelumnya karena otot akan mengerut setelah lama dilumpuhkan. Perlu diingat bahwa botox tidak menyembuhkan penyakit, melainkan hanya meredakan keluhan. 

Meskipun demikian perawatan Botox dianggap aman dan telah digunakan bertahun-tahun untuk perawatan neurologis dan optalmologis. Selain manfaat kecantikannya, Botulinum Toxin juga dapat digunakan untuk mengobati kondisi tertentu yang penyebab utamanya adalah kontraksi otot. Perawatan Botulinum Toxin dapat menghilangkan gejala dengan melemaskan otot. 

Efek samping apa saja yang bisa disebabkan oleh botox?

Menurut dokter Novi dari NOVI’S Dermatology Clinic, umumnya suntik botox masih tergolong aman jika dosisnya tepat dan dilakukan oleh dokter yang berpengalaman. Meski demikian, suntik botox juga dapat menimbulkan beberapa efek samping berikut ini:

  • Nyeri, bengkak, atau memar di lokasi suntikan
  • Sakit kepala
  • Demam
  • Kedinginan
  • Kelopak mata turun atau alis miring
  • Bibir tampak miring dan keluar air liur
  • Mata kering atau keluar air mata secara berlebihan

Umunya, selain untuk kecantikan manfaat lain botox juga dapat digunakan  untuk mengobati  penyakit dengan kondisi tertentu akibat kontraksi otot, seperti berikut :

  • Kontraksi otot leher 
  • Keringat berlebihan 
  • Keringat ketiak berlebihan
  • Kontraksi otot
  • Carebral palsy
  • Strabismus atau berkedip tidak terkendali
  • Disfungsi kantung kemih
  • Terlalu banyak berkedip

Jika anda memiliki masalah kerutan pada wajah dan ingin melakukan treatment botox, baiknya terlebih dahulu mencari referensi dokter yang memiliki potensi dan berpengalaman dalam prosedur ini.

Di klinik NOVI’S Dermatology penyuntikan botox untuk pasien dengan keluhan kerutan pada dahi, dapat dilakukan hanya memakan waktu 1 hingga 2 jam, setelah melakukan treatment botox pasien bisa melakukan aktifitas seperti biasanya, karena downtime botox tergolong sangat cepat yaitu hanya 30 menit.

Sahabat NOVI’S juga bisa menyaksikan treatment tanam benang hidung di youtube channel NOVI’S Dermatology

Related posts
Perawatan

Rahasia Tampil dengan Kulit yang Selalu Muda

Kecantikan

Menghidrasi dan Melembapkan Kulit yang Kering

Perawatan

Memahami Makna Kulit Sehat dan Ideal untuk Tetap Tampil Cantik

Kecantikan

Ketahui Perawatan Kulit untuk Remaja Pemula

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Faktor Penyebab Munculnya Keriput Pada Wajah dan Cara Mengatasinya