Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Coba Lebih Peka dengan Area Lipatan Pada Kulit yang Cenderung Lebih Gelap

Cukup banyak stigma yang mengatakan bahwa ketiak gelap diakibatkan karena pisau cukur. Padahal, sebenarnya ada cukup banyak hal lain yang juga rentan menyebabkan ketiak terlihat menghitam. Menghilangkan bulu ketiak yang mengganggu dengan metode bercukur ataupun mencabut sebetulnya sah-sah saja dilakukan. Namun, caranya yang seringkali salah sehingga berisiko iritasi.

Metode bercukur yang kurang tepat menimbulkan iritasi yang dapat menggenjot produksi melanosit sehingga terjadi lah perubahan warna pada ketiak. Selain itu, pemakaian deodoran yang keliru ternyata juga berpotensi menyebabkan warna ketiak menjadi lebih hitam. Ada pulafaktor lain seperti infeksi bakteriyang biasanya dapat terjadi saat Anda tengah banyak berkeringat seperti halnya penumpukan sel-sel kulit mati akibat kurang menjaga kebersihan ketiak. Apalagi, kita tinggal di iklim Indonesia yang terbilang cukup lembap.

Kondisi tertentu seperti contohnya acanthosis nigricans juga bisa menjadi penyebabnya. Waspada apabila Anda mengalami penebalan kulit yang berubah warna. Gejala tersebut tak hanya dapat muncul di ketiak, namun juga wajah dan belakang leher, pusat, siku lengan, lutut, buku jari, sekitar pangkal paha, dan atau di bawah dada perempuan.

Ada lagi penyebab ketiak hitam yang mungkin paling sering dikeluhkan oleh ibu hamil. Gender bayi tidak menjadi penentu sebagaimana dikatakan mitos (bahwa bayi laki-laki menyebabkan tampilan ketiak ibunya menjadi hitam). Lumrahnya, perempuan yang tengah mengandung umumnya mengalami fluktuasi hormon. Naik-turunnya hormon saat kehamilan ini merangsang peningkatan produksi melanin alias zat warna pada kulit sehingga menyebabkan kulit ketiak terlihat lebih hitam daripada biasanya. Walaupun begitu, umumnya rona kulit yang menggelap akibat kehamilan akan berangsur memudar dalam waktu beberapa bulan selepas bersalin.

Cukup banyak stigma yang mengatakan bahwa ketiak gelap diakibatkan karena pisau cukur. Padahal, sebenarnya ada cukup banyak hal lain yang juga rentan menyebabkan ketiak terlihat menghitam. Menghilangkan bulu ketiak yang mengganggu dengan metode bercukur ataupun mencabut sebetulnya sah-sah saja dilakukan. Namun, caranya yang seringkali salah sehingga berisiko iritasi.

Metode bercukur yang kurang tepat menimbulkan iritasi yang dapat menggenjot produksi melanosit sehingga terjadi lah perubahan warna pada ketiak. Selain itu, pemakaian deodoran yang keliru ternyata juga berpotensi menyebabkan warna ketiak menjadi lebih hitam.

Ada pula faktor lain seperti infeksi bakteri yang biasanya dapat terjadi saat Anda tengah banyak berkeringat seperti halnya penumpukan sel-sel kulit mati akibat kurang menjaga kebersihan ketiak. Apalagi, kita tinggal di iklim Indonesia yang terbilang cukup lembap.

Lantas, bagaimana dengan bagian siku dan lutut yang acap kali terasa kering dan kusam? Sejatinya, lapisan kulit di kedua bagian tersebut memang relatif lebih tebal daripada kulit di area tubuh lainnya. Semakin tebal lapisan kulit, maka semakin banyak pula melanin alias zat yang memberikan warna pada kulit. Nah, hal ini lah yang membuat rona kulit di zona lutut dan siku terlihat jauh lebih kusam jika dibandingkan dengan area tubuh lainnya. Selain karena ketebalannya, siku dan lutut juga merupakan bagian tubuh yang paling banyak memiliki lipatan-lipatan kulit di mana jarang sekali terjadi pengelupasan. Artinya, sel-sel kulit mati yang gemar bersarang akan semakin tertimbun sehingga menjadikannya lebih gelap dan sangat mengganggu penampilan.

Bagaimana halnya dengan bagian tengkuk alias leher bagian belakang? Area tengkuk tak hanya kerap menghitam, namun juga tampak menebal seperti kain beledu. Namun, penyebabnya bisa jadi lebih dari sekadar faktor genetik, ekspos sinar matahari berlebih, ataupun kurangnya kebersihan kulit boleh jadi memiliki pengaruh. Apabila Anda mendapati bagian tengkuk dengan gejala seperti ini, waspadalah akan kondisi yang mungkin terjadi seperti acanthosis nigricanstadi.

Meski tidak bisa dibilang berbahaya, kelainan kulit ini dapat menandakan terjangkitnya suatu penyakit seperti contohnya diabetes, obesitas, serta sejumlah kelainan seperti gangguan hormon, sampai kepada kanker, seperti yang dikutip dari situs NHS (National Health Service). Hiperpigmentasi semacam ini pun bisa dipicu oleh penggunaan obat seperti antiinflamasi nonsteroid, tetracycline,antimalaria, dan lain sebagainya.

Apa Solusi untuk Mencerahkan Bagian Lipatan Kulit yang Gelap?

  • Chemical Peeling

Perkembangan teknologi kian merambah ke berbagai bidang industri salah satunya bidang kecantikan. Hasil teknologi yang sudah terbukti adalah  proserur kecantikan chemical peeling treatment. Chemical peeling treatment adalah teknik perawatan kulit yang dilakukan untuk mengupas kulit-kulit rusak dan mati agar mendapat penampilan yang menarik.

Metode chemical peeling dilakukan dengan cara mengaplikasikan larutan kimia pada kulit, sehingga nantinya akan menyebabkan pengelupasan kulit. Kulit baru yang diregenerasi biasanya lebih halus, kulit baru ini biasanya akan lebih senditif terhadap sinar matahari.

  • IPL Hair Removal

Jenis IPL ini untuk menghilangkan bulu atau rambut di bagian tubuh yang dirasa mengganggu penampilan. Misalnya bulu di wajah, kumis, jenggot, ketiak, dada, punggung, tangan dan kaki. Nah, sinar IPL akan membantu menghambat pertumbuhan rambut atau bulu ini. Sementara yang aku coba hari ini di salah satu adalah untuk meratakan pigmentasi kulit. Karena sebenarnya permasalahan kulitku adalah bekas jerawat yang nampak hitam, dan warna kulit yang gak merata.

  • Instaglow Treatment

Secara sederhana, Instaglow Peel Treatment merupakan perawatan kulit wajah yang dapat merangsang pelepasan sel kulit mati pada permukaan kulit, Cara kerja  Instaglowtreatment biasanya dengan mengoleskan cairan peeling berbahan aktif glycolic acid, mandelic acid, dan juga citric acid. Kelebihan yang ditawarkan dari perawatan Glowing Peel juga sangat beragam karena menggabungkan 2 jenis peeling yang bekerja secara sinergis di lapisan kulit.

Instaglow Treatment, dan Chemical Peeling tidak lagi asing di dunia kecantikan, perawatan ini akan jauh lebih aman dan efektif jika dilakukan oleh dokter yang memiliki sertifikasi dan praktik di klinik yang berlisensi seperti NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi. NOVI’S Clinic menganggap pasien adalah prioritas utama. Pasien bisa berkonsultasi dengan nyaman sebelum dan setelah tindakan melalui berbagai metode konsultasi, Semua layanan yang disediakan NOVI’S CLINIC bertujuan untuk memaksimalisasikan pelayanan kepada pasien.

Related posts
Perawatan

Mengatasi Hiperpigmentasi untuk Dapatkan Kulit Lebih Muda

Perawatan

Kapan Waktu Harus Melakukan Rutin Facial ?

Perawatan

Memperbaiki Masalah Flek Hitam yang Membuat Kulit Terlihat Lebih Tua

Perawatan

Mengenal Tarik Benang Sebagai Solusi Kulit Wajah yang Kendur

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Ini Tips Perawatan Facial yang Tidak Buat Wajah Kemerahan Setelah Tindakan