Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Beberapa Jenis Luka Bekas Jerawat dan Cara Mengatasinya

Bekas jerawat, baik yang berwarna merah maupun hitam, adalah kondisi kulit yang cukup mengganggu dan dapat menurunkan kepercayaan diri. Kondisi kulit yang terjadi setelah jerawat ini dapat muncul lebih dari satu dan di daerah yang mudah terlihat.

Kondisi ini biasanya ditandai dengan perubahan tekstur dan lekukan yang bersifat permanen di kulit. Berbeda dengan jaringan parut, noda hitam atau merah akibat jerawat yang parah ini bisa diobati, baik dari dokter maupun dengan pengobatan alami.

Sama seperti jerawat, bekas jerawat adalah kondisi yang cukup umum dan dapat terjadi pada siapa saja. Sekitar 80% orang berusia 11 hingga 30 tahun memiliki jerawat dan satu dari lima orang yang ada di populasi tersebut mempunyai bekasnya.

Bekas luka atrofi

Bekas jerawat atrofi biasanya terjadi ketika ada jaringan kulit yang hilang. Jaringan parut ini nantinya dibagi menjadi tiga bagian, yaitu sebagai berikut.

  • Boxcar, bopeng berbentuk huruf U yang lebar dengan sisi yang tegas.
  • Ice pick, bekas jerawat yang memiliki cekungan yang dalam dengan bentuk huruf V.
  • Rolling, bopeng yang cukup lebar dengan tepi yang membulat dan tidak beraturan.

Bekas luka hipertrofik

Berbeda dengan jaringan parut atrofi, bekas jerawat hipertrofik muncul akibat produksi kolagen terlalu banyak saat jerawat sembuh.

Hal ini menyebabkan adanya kelebihan massa jaringan yang terbentuk dan sedikit terangkat di permukaan kulit, atau biasa disebut keloid. Keloid biasanya muncul pada area punggun dan dagu.

Bekas luka makula (macular scar) Bekas luka makula adalah bekas jerawat berwarna merah yang biasanya terlihat di area pipi dan dahi. Kondisi ini biasanya terjadi akibat jaringan parut dari jerawat pasir (bruntusan).

Jenis noda jerawat ini umumnya akan memudar dalam waktu 6 hingga 12 bulan tanpa pengobatan. Akan tetapi, perawatan seperti laser vaskular terkadang efektif untuk menghilangkan bekas ini.

Atasi dengan Fractional Microneedle Treatment

Fractional Microneedle merupakan perawatan  tanpa bedah untuk mengencangkan dan membentuk kembali lapisan kulit yang mulai mengendur. Cara kerja Fractional Microneedle meliputi pemanasan wajah, baik bagian luar maupun bagian dalam kulit wajah. Tujuannya yaitu untuk merangsang pertumbuhan kolagen baru yang akan memberikan perubahan langsung pada jaringan kulit.

Prosedur ini pada dasarnya menggunakan gelombang energi untuk memanaskan lapisan dalam kulit yang dikenal sebagai dermis. Nantinya, panas dari gelombang energi akan merangsang produksi kolagen  di dalam kulit. Kolagen sendiri, merupakan protein penting untuk membentuk berbagai jaringan di dalam tubuh. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan semakin berkurang.

Fractional Microneedle wajah bisa menjadi pilihan untuk membuat wajah terlihat lebih kencang, sehat, dan bercahaya. Sebelum melakukan perawatan Fractional Microneedle, pastikan bahwa kondisi kulit kamu sedang dalam keadaan bersih dari jerawat, apalagi dari jerawat yang bengkak dan meradang. Sedangkan, jika kamu sudah melakukan perawatan Fractional Microneedle, pastikan untuk terhindar dari paparan sinar matahari.

Manfaat Fractional Microneedle Treatment

  • mengatasi bopeng
  • Mengurangi keriput
  • Jerawat aktif
  • Bekas luka jerawat
  • Pigmentasi
  • Pori-pori besar
  • Masalah tekstur kulit kasar
  • Garis-garis halus dan kerutan
  • meratakan warna kulit

Selain dapat merangsang pembentukan kolagen, panas dari alat Fractional Microneedle juga ternyata mampu membakar lemak. Inilah sebabnya Fractional Microneedle juga bisa digunakan ke seluruh badan untuk melangsingkan tubuh. Namun prosedur ini tidak cukup hanya dilakukan sekali, alias harus berulang dan bertahap. Dengan adanya rangsangan pembentukan kolagen dari treatment Radio Frekuensi, kerutan di wajah pun akan lebih tersamarkan. Bukan hanya itu, area pipi juga bisa dibuat tirusdengan menggunakan alat yang menghantarkan Multipolar Radio Frekuensi dan pulsa magnetik ke kulit. Secara khusus, prosedur ini memang diciptakan untuk perawatan anti aging yang juga dapat menghasilkan kulit yang terasa lebih kenyal dan tampak lebih muda.

NOVI’S Clinic Dermatology menjadi rekomendasi klinik kecantikan terbaik untuk kamu yang ingin melakukan beberapa perawatan kulit. Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di www.novisdermatology.co.id

Related posts
Perawatan

Mengatasi Hiperpigmentasi untuk Dapatkan Kulit Lebih Muda

Perawatan

Kapan Waktu Harus Melakukan Rutin Facial ?

Perawatan

Memperbaiki Masalah Flek Hitam yang Membuat Kulit Terlihat Lebih Tua

Perawatan

Mengenal Tarik Benang Sebagai Solusi Kulit Wajah yang Kendur

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Memperbaiki Tektur Kulit Bopeng yang Ganggu Penampilan