Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Tips Sederhana Merawat Jenis Kulit Wajah Kombinasi

Masalah pada regulasi sebum atau minyak alami pada kulit adalah penyebab utama kulit dari kondisi kombinasi dan berminyak. Pada kulit kombinasi, terlalu banyak sebum muncul di zona-T. Pada kulit berminyak, tanda-tanda yang terlihat adalah hyperseborrhoea, atau kelebihan sekresi sebum, diseluruh wajah dan kulit kepala. Ketika terlalu banyak sebum yang dikeluarkan , pori-pori menjadi melebar, dan kulit menjadi tampak sangat mengkilap. Memiliki kulit kombinasi bisa menjadi hal yang cukup sulit, terutama soal memilih langkah perawatan yang tepat. Ada area kulit yang rentan kering, tetapi ada area yang selalu memproduksi sebum lebih banyak, terutama di area T.

Memiliki kulit kombinasi artinya kamu mempunyai dua jenis kulit, yaitu kulit kering dan kulit berminyak yang perlu dijaga kesehatannya secara bersamaan. Keliru dalam memilih produk  atau cara perawatan justru akan memperburuk masalah pada kulit. Kamu dapat mengantisipasi hal ini dengan mengenali ciri kulit kombinasi berikut.

  • Area kulit bagian pipi dan bawah mata cenderung kering, bahkan mungkin mengelupas
  • Bagian dahi, hidung dan dagu terasa berminyak serta tampak mengkilap
  • Kulit cenderung berminyak saat cuaca panas
  • Pada cuaca dingin kulit cenderung kering
  • Pada wanita haid, kulit cenderung berjerawat karena produksi minyak meningkat
  • Pori-pori kulit besar, terutama pada daerah dahi, hidung, dan sisi dekat hidung
  • Setelah siklus haid, jerawat akan hilang dan kulit terasa kering.

Area kulit yang biasanya kering adalah kulit di sekitar mata dan mulut. Pemilik kulit kombinasi kadang juga bermasalah dengan pori-pori besar, komedo, dan kulit mengkilap. Namun kondisinya mungkin tidak separah dengan kulit berminyak. Pemilik kulit kombinasi harus cermat dalam memilih produk perawatan. Pasalnya, tiap area kulit  mungkin menunjukan reaksi yang beragam terhadap produk yang sama. Jadi, kenali dahulu produk skincare untuk kulit kombinasi seperti yang kamu miliki.

Sementara itu, area kulit yang biasanya kering adalah kulit di sekitar mata dan mulut. Pemilik kulit kombinasi kadang juga bermasalah dengan pori-pori besar, komedo, dan kulit mengilap. Namun, kondisinya mungkin tidak separah kulit berminyak. Pada dasarnya, jenis kulit kombinasi mebutuhkan produk yang diformulasikan bisa melembapkan area yang kering, sekaliguas menyeimbangkan sebum di area wajah yang lebih berminyak. Jadi, untuk menemukan produk yang cocok mungkin akan mebutuhkan lebih banyak waktu dibandingkan jenis kulit lainnya.

Berikut ini adalah cara merawat jenik kulit kombinasi yang harus kamu tahu, diantaranya :

  • Membersihkan muka dengsn double cleansing secara rutin

Dengan melakukan double cleansing, segala kotoran, bakteri, debu, minyak, dan sisa makeup akan terangkat semua. Setelahnya, kulit akan jauh lebih bersih dan sehat. Selain itu dengan double cleansing, rangkaian skincare yang akan kita aplikasikan ke wajah akan lebih mudah meresap ke kulit yang sudah benar-benar dalam kondisi bersih. Namun Sahabat NOVI’S melakukan double cleansing paling efektif adalah saat malam hari, saat kamu selesai beraktivitas dan hendak tidur. Tapi bagi kamu yang punya masalah dengan kulit berminyak, kamu boleh melakukannya di pagi hari atau menyesuaikan kondisi kulitmu.

  • Gunakan Toner Wajah

Gunakan NOVI’S AHA TONER, Produk ini dirancang untuk membersihkan sisa kotoran yang belum terangkat, sekaligus membersihkan sisa sabun yang masih menempel pada kulit, yang sering kali membuat kulit menjadi kekring. Selain itu toner dapat membantu mencegah timbulnya komedo dan jerawat, memperbaiki tekstur kulit dan jerawat, memperbaiki tekstur kulit dan keremajaan kulit, menyegarkan dan meminimalkan pori-pori yang besar.

Setelah membersihkan wajah pada pagi dan malam hari, jangan lupa untuk mengaplikasikan toner wajah. Toner bermanfaat untuk menghilangkan minyak berlebih sekaligus menjaga kulit tetap terhidrasi.

  • Gunakan pelembab dan suncare

Pemakaian suncare kerap sering sekali terlewati oleh beberapa orang. Padahal menggunakan suncare sebelum beraktivitas juga penting agar kulit  tetap sehat, lembab dan cerah alami. Jika melewatkan pengaplikasian suncare, sinar UV dapat memberikan dampak buruk bagi kulitmu. Diantaranya adalah kulit kering, munculnya sunspot, kulit terbakar, penuaan dini, hingga risiko terkena kanker kulit yang meningkat. Sebaiknya kamu jangan pernah melewatkan rutinitas ini agar kesehatan kulitmu terjaga.

  • Lakukan eksfoliasi

Eksfoliasi kulit seminggu sekali menggunakan pembersih wajah yang mengandung scrub seperti NOVI’S FACIAL WASH FOR BRIGHTENING SKIN. juga merupakan salah satu cara untuk merawat kulit kombinasi. Eksfoliasi diperlukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menjaga pori-pori tetap bersih, sekaligus melembapkan area kulit wajah yang kering.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Perawatan

Mengatasi Hiperpigmentasi untuk Dapatkan Kulit Lebih Muda

Perawatan

Kapan Waktu Harus Melakukan Rutin Facial ?

Perawatan

Memperbaiki Masalah Flek Hitam yang Membuat Kulit Terlihat Lebih Tua

Perawatan

Mengenal Tarik Benang Sebagai Solusi Kulit Wajah yang Kendur

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Tips Sederhana Agar Kamu Punya Kulit Cerah dan Sehat