Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Skincare

Tips Memilih Waktu yang Pas untuk Membersihkan Wajah

Tak hanya sekedar membuat kulit terasa segar, mencuci muka merupakan rutinitas yang wajib dilakukan guna menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. Dengan rutin mencuci muka otomatis kulit pun bersih dari kotoran, debu, polusi, dan minyak yang bisa menjadi pemicu jerawat dan masalah kulit lainnya. Ada hal lainnya yang tak kalah pentingnya untuk diperhatikan, yaitu kapan waktu yang tepat untuk mencuci muka.

Cuci muka di pagi hari

Ketika kita tidur, ternyata kulit wajah kita tetap bisa kotor di pagi harinya. Karena faktanya, produksi minyak pada kulit wajah itu terjadi saat kamu tidur di malam hari. Kotoran pada sarung bantal/guling dan sprei pun juga bisa bisa menempel pada kulit wajahmu. Apabila tidak dibersihkan, kotoran tersebut akan mengendap dan justru akan memicu masalah kulit, seperti sel kulit mati dan jerawat. Sehingga, sangat disarankan untuk mencuci muka agar mengangkat kotoran yang mengendap semalaman dan membersihkan minyak. Selain itu, dengan mencuci muka di pagi hari, sekaligus bisa mempersiapkan kulit untuk menyerap rutinitas skincare pagi lebih baik.

Cuci muka malam hari

Setelah seharian beraktivitas, segala debu, kotoran, polusi, minyak dan makeup (apabila kamu memakainya) yang mengendap dalam waktu yang lama dapat menyumbat pori-pori wajahmu. Ketika hal itu terjadi dan kamu tidak mencuci muka, maka yang akan terjadi adalah penumpukkan kotoran yang menjadi sel kulit mati dan perkembangan bakteri yang berpotensi menumbuhkan jerawat.

Untuk itu, mencuci muka setelah seharian beraktivitas sangatlah disarankan. Tak hanya membersihkan segala kotoran dan sisa makeup, mencuci muka di malam hari bisa menenangkan. Sehingga, bisa membantumu lebih rileks dan nyaman ketika tidur. Oh iya, perlu dicatat bahwa sebaiknya waktu yang tepat untuk cuci muka bukan sesaat sebelum tidur, melainkan dilakukan lebih awal. Tepatnya, saat matahari mulai terbenam. Karena, berdasarkan penelitian ilmiah, sel-sel kulit kita ternyata memiliki ritme sirkadian atau jam internal untuk melindungi dari terjadinya kerusakan dan mencegah tanda-tanda penuaan.

Keseringan mencuci muka

Mencuci muka memang wajib hukumnya agar kulit terjaga kebersihannya dan terhindar dari pertumbuhan bakteri yang mengakibatkan berbagai masalah. Namun, kita tahu bahwa ‘berlebihan itu tidak baik’, hal ini juga berlaku pada kebiasaan cuci muka. Apabila kita terlalu sering mencuci muka atau over-cleansing yang ada justru mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti:

  • Kulit kering
  • Iritasi pada kulit
  • Perubahan pH kulit
  • Beruntusan
  • Keriput
  • Dan permasalahan lainnya

Cukup bersihkan wajah 2x sehari, yaitu pagi hari dan malam hari seperti yang kami rekomendasikan di atas, agar tidak berlebihan. Selain di pagi hari dan malam hari, apabila kamu sehabis berolahraga dan menggunakan makeup, maka langsung bersihkan wajahmu dan jangan tunggu malam hari sebelum tidur.

 Sabun pembersih wajah

Salah satu solusi yang paling mudah untuk menyamarkan pori-pori besar adalah membersihkan wajah dengan baik dan benar, sehingga debu dan minyak di kulit tidak lantas menumpuk terus. Kalau bisa, gunakan NOVI’S facial wash yang bermanfaat membersihkan kotoran dari pori-pori sekaligus menyeimbangkan kelebihan minyak di permukaan wajah. Ingat, jangan pernah lupa untuk membersihkan makeup sebelum tidur, ya, karena sisa-sisa riasan dan kotoran yang tertimbun di wajah juga berperan besar dalam menyebabkan pori-porimu membesar.

Produk eksfoliasi yang lembut

Tak cuma sekadar mencuci wajah dengan sabun biasa, eksfoliasi juga penting sekali untuk membersihkan wajah hingga ke dalam pori-pori serta menjadikannya lebih halus dan kenyal. Namun ingat, produk Eksfoliasi NOVI’S boleh digunakan setiap hari karena bahan scrub yang terkandung didalamnya sangat lembut dan aman. Sebisa mungkin hindari tekstur scrub yang terlalu kasar karena butirannya bisa-bisa malah merusak lapisan epidermis wajahmu. Pilihlah NOVI’S Facial Wash Scrub eksfoliasi dengan formulasi ringan yang tidak abrasif terhadap kulit.

Related posts
Skincare

Keistimewaan Aloevera Sebagai Bahan Utama NOVI’S Hydration Gel Moisturizer

Gaya HidupSkincare

Sinar UV Akan  Merusak Komponen Utama Kulit Kamu

Skincare

Deretan Masalah Kulit yang Sering Dialami ole Remaja

Skincare

Kapan Sebaiknya Mengaplikasikan Pelembab untuk Wajah?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Mengikuti Tren Kepopuleran Foxy Eye untuk Mempertegas Penampilan