Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Tampilan Mata Lebih Indah dengan Double Eyelid Correction

Double eyelid correction merupakan bedah sederhana yang bertujuan untuk mengasilkan lipatan kelopak mata sehingga mata berbentuk almond yang lebih besar dan simetris. Ketinggian dari garis bulu mata bagian atas hingga lipatan kelopak mata baru disesuaikan dengan preferensi dan anatomi yang ada.

Orang Asia Timur banyak yang memiliki bentuk kelopak mata single eyelid (monolid) atau kelopak mata tunggal. Karena tidak memiliki lipatan di bagian kelopak mata, maka mata dengan kelopak monolid biasanya terlihat lebih kecil. Untuk mempercantik tampilan mata, maka pemilik mata dengan kelopak monolid banyak yang memilih melakukan bedah minor untuk membuat lipatan mata ganda atau double eyelid. Kelebihan memiliki mata dengan double eyelid adalah mata terlihat lebih terbuka dan besar; memakai produk makeup mata pun jadi lebih mudah. 

Pada kelopak monolid, seluruh area sudut dalam mata tertutupi. Ini membuat mata terlihat lebih kecil, sayu, dan seperti kelelahan. Karena efeknya ini, banyak pemilik monolid yang rasa percaya dirinya berkurang. Penyebab utama dari kelopak mata monolid adalah genetik; ini yang membuatnya banyak dijumpai di orang-orang Asia Timur dan keturunannya. Masih belum diketahui pasti kenapa monolid banyak dimiliki masyarakat Asia Timur.

Biasanya orang dengan keturunan Mongolia menyukai bentuk kelopak mata yang besar, karena bentuk mata dari ras Mongolia cenderung kecil. Selain karena keinginan estetika, double eyelid correction juga dapat dilakukan apabila :

  • Mata tampak bengkak
  • Kelopak mata terlipat ke dalam saat membuka mata
  • Kelopak mata menghalangi pandangan
  • Bulu mata yang nyaris menyentuh kornea

Kelopak mata ganda atau double eyelid adalah kelopak mata yang seakan terbagi menjadi dua karena memiliki lipatan di antara bulu mata dan alis. Bagi kebanyakan perempuan Asia Timur, memiliki kelopak mata ganda adalah bentuk kecantikan yang membuat wajah tampak menarik. Karena itu mereka tak segan untuk untuk melakukan double eyelid correction di Novi’s Dermatology untuk mendapatkannya. 

Metode pembedahan yang digunakan bergantung pada kebutuhan individu dan tujuan estetika setiap orang. Dokter akan memberikan jahitan yang sangat halus untuk menopang lipatan yang baru sehingga membentuk kontur kelopak mata ganda. Dokter akan mengidentifikasi semua lapisan anatomi sehingga kelopak mata lebih stabil.

Review by : dr. Novi Arlisma

Related posts
Perawatan

Kelembapan Kulit Berkurang Akibat Penuaan

Perawatan

Terapi Laser untuk Kencangkan Otot Vagina

Perawatan

Fungsi Kolagen dan Hyaluronic Acid yang Saling Menyempurnakan

Perawatan

Mengenal Lemak Buccal yang Buat Wajah Tampak Bulat

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *