Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

KecantikanKesehatan

Perubahan yang Terjadi Pada Kulit Usia Lanjut dan Cara Mengatasinya

Menjadi tua tentu tak terelakkan. Seiring dengan bertambahnya usia, fungsi-fungsi bagian tubuh memang ikut menurun, tak terkecuali kulit. Berikut adalah kondisi kulit yang umum terjadi di usia lanjut, dan beberapa faktor yang ikut memengaruhinya.

Keriput: Kondisi ini merupakan tanda penuaan yang paling kasat mata. Akibat pajanan sinar UV yang berbahaya, kulit kehilangan fleksibilitasnya. Jika di kala muda wajah Anda sering terpajan matahari tanpa perlindungan, maka sinar UV akan mudah memecah jaringan elastin di kulit dan menyebabkan kulit kendur, berkerut, dan keriput. Tentunya kondisi ini memperparah kesehatan kulit di usia lanjut nanti. Selain itu para perokok juga cenderung memiliki lebih banyak keriput daripada mereka yang bukan perokok.

Garis ekspresi wajah: Garis-garis ini (sering dikenal sebagai “garis tawa”) menjadi lebih kasat mata saat kulit kehilangan elastisitasnya (di usia 40 atau 50an). Garis tersebut bisa berbentuk horizontal di dahi, vertikal di atas hidung, atau melengkung di pelipis, pipi atas, serta sekitar mulut dan mata.

Kulit kering dan gatal: Walaupun kondisi ini juga bisa terjadi pada mereka di usia muda, namun ini merupakan masalah umum pada lansia. Berkurangnya aktivitas  kelenjar minyak (yang membantu menjaga kulit tetap lembut) adalah penyebab utama kulit kering. Namun begitu terkadang kulit kering juga bisa menandakan adanya penyakit lain seperti diabetes, ginjal, atau liver.

Tumor dan kanker kulit: Pajanan sinar matahari (radiasi UV) adalah penyebab paling umum terjadinya tumor jinak, pra kanker, maupun kanker kulit. Tumor-tumor jinak kulit mulai timbul di usai 40-50 tahun baik pada wanita maupun pria. Banyak orang Amerika (satu juta setiap tahun) menderita kanker kulit pada usia 65 tahun. Untuk kulit orang Asia, kemungkinan mengidap kanker kulit jauh lebih kecil dibanding masyarakat Kaukasia.

Dark spot: Dark spot  adalah bercak coklat (atau berwarna gelap) yang muncul di bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari (wajah, tangan, dan lengan bawah).

Bedsores: Bedsores adalah luka atau borok  yang terjadi karena tekanan misalnya akibat berbaring di tempat tidur atau duduk di kursi untuk waktu yang lama. Bedsores adalah masalah yang cukup umum pada orang tua yang mengalami kesulitan bergerak sendiri. Orang dengan diabetes lebih rentan menghadapi luka pada kulit. Hal ini disebabkan sirkulasi yang buruk dan penurunan rasa di kulit mereka. Sering bergerak, atau rajin mengubah posisi duduk maupun tidur dapat membantu mencegah terjadinya luka ini.

Botox Treatment

Perawatan dengan Botulinum Toxin  atau biasa disebut Botox merupakan salah satu prosedur anti-penuaan (anti aging) yang paling terkenal saat ini. Fungsi botox untuk meminimalisir munculnya garis halus hingga keriput di wajah. Biasanya kerutan yang muncul akibat ekspresi wajah seperti, tersenyum, mengernyit, menangis dan cemberut. Kerutan ekspresi wajah inilah yang menyebabkan kulit mengendur.

Tindakan suntik botox merupakan suatu usaha untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dengan cara menyuntikan Botulinum toxin A. Namun treatment ini tidak dapat menghilangkan kerutan akibat aktinik. Clostridium Botolinum merupakan bakteri gram positif yang bersifat obligat, anaerob, membentuk spora dan banyak ditemukan di tanah , tersebar di seluruh dunia.

Proses penuaan menyebabkan penurunan dahi dan alis mata terutama bagian atas. Posisi alis pada perempuan dan laki-laki berbeda. Pada perempuan terletak di atas tulang orbita, sedangkan pada laki-laki terletak di tulang orbita. Bagian ujung medial dan lateral alis mata seharusnya terletak pada garis horizontal yang sama. Apabila kedua bagian ini berbeda , wajah seseorang akan terlihat seperti kelelahan atau bersedih.

Suntik botox merupakan prosedur tindakan medis dalam bidang drmatologi yang digunakan untuk pengobatan garis-garis kerut akibat ekspresi  wajah sepertiga atas, yaitu kerut daerah dahi, sekeliling mata, hiperhidrosis bagian ketiak, terkadang juga digunakan untuk platysma di leher, dan kerutan halus sekitar mulut.

Perawatan ini dilakukan dengan cara menyuntikkan protein yang dihasilkan oleh bakteri Clostridium Botulinum. Fungsinya menghambat sinyal saraf asetilkolin yang ada dalam otot wajah agar lebih rileks. Hasilnya, ketika otot wajah kamu rileks, maka kulit kamu akan lebih lembut dan mengencang. Inilah yang membuat kerutan di wajah hilang.

Kegunaan injeksi botox dalam bidang dermatologi pada prinsipnya ditujukan pada otot-otot ekspresi wajah. Kebanyakan otot-otot tersebut tidak berhubungan dengan tulang melainkan  berhubungan dengan jaringan lunak dan bekerja untuk menggerakan kulit wajah.

Umumnya, tidak ada efek samping jangka panjang atau yang membahayakan pada penggunaan botox di bidang dermatologi, karena terapi botox tidak berhubungan dengan efek klinis yang permanen. Botox cukup aman dan efektif pada penggunaan untuk terapi kerutan pada wajah. Efek samping yang mungkin terjadi adalah kejadian normal dari proses injeksi dan pada keadaan  tertentu dapat tejadi paralisis otot yang akan berkurang  secara perlahan setelah efek paralisis otot yang akan berkurang  secara perlahan setelah efek toksin menghilang.

Jika prosedur lain membutuhkan waktu berjam-jam. Pada suntik botox, kamu tidak membutuhkan waktu lama hanya beberapa menit saja. Biasanya dokter akan langsung  menyuntikan botox ke area yang mengalami kerutan.

Sedangkan untuk perawatan jangka panjang, suntik botox tidak bisa dilakukan hanya sekali. Pasalnya untuk tetap bisa menyamarkan kerutan, Anda perlu melakukan perawatan botox ini berkali-kali atau secara berkala. Tujuannya agar kerutan di wajah Anda tetap hilang dan tersamarkan. Jadi, Anda harus benar-benar rutin melakukan perawatan ini.

Perawatan dengan botox sederhana dan cepat. Yang melibatkan penyuntikkan toksin botulinum dalam dosis kecil dan terkendali ke area kunci di sekitar kerutan menggunakan jarum kecil. Tergantung area target dan tujuan dari tindakan tersebut, lebih dari satu suntikan mungkin diperlukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di

Sahabat NOVI’S juga bisa menyaksikan beberapa treatment di youtube channel NOVI’S Dermatology

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Kecantikan

Menghidrasi dan Melembapkan Kulit yang Kering

Kesehatan

Ketahui Beberapa Kesalahan Saat Merawat Kulit

Kecantikan

Ketahui Perawatan Kulit untuk Remaja Pemula

Kesehatan

Definisi Kulit Sensitif dan 6 Ciri-Cirinya

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.