Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Penyebab Umum Penuaan Dini yang Harus Dihindari

Ada banyak hal yang terjadi saat kulit mengalami penuaan, biasanya berkaitan dengan berkurangnya zat-zat penting yang menjaga kondisi kulit tetap sehat, serta melambatnya proses tubuh dalam melakukan sesuatu. Zat-zat penting yang produksinya menurun dan jumlahnya berkurang di kulit di antaranya adalah kolagen, elastin, hyaluronic acid, serta minyak alami kulit. Sedangkan proses yang melambat akibat penuaan adalah proses peluruhan sel-sel kulit mati yang biasanya berlangsung dalam siklus 28-30 hari.

Penuaan kulit memang tidak bisa dihindari seiring pertambahan usia, tapi Anda dapat membuatnya prosesnya berlangsung lebih lambat. Merawat kulit sejak awal menjadi kunci untuk memperlambat proses penuaan kulit, juga menjadi cara mencegah penuaan dini. Penuaan dini adalah ketika proses penuaan kulit berlangsung lebih cepat dari normal. Misalnya saja Anda masih berusia 25 tahun tapi kerutan di area mata dan mulut sudah terlihat dengan jelas. 

Ada beberapa bentuk penuaan dini pada wajah yang harus Anda waspadai kemunculannya, yaitu: 

  • Kulit wajah menjadi mudah kusam. Penyebabnya adalah melambatnya proses peluruhan sel-sel kulit mati di permukaan kulit, sehingga terjadi tumpukan sel-sel kulit mati yang membuat wajah terlihat kusam dan tak lagi terlihat bercahaya.
  • Lentigo. Biasa disebut dengan sun spot, lentigo biasa muncul di kulit wajah yang sering terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama dan berulang-ulang. Produksi melanin yang meningkat untuk melindungi kulit membuat lama-kelamaan muncul lentigo. 
  • Garis-garis halus dan kerutan. Keduanya biasa muncul pada akhir usia 30-an dan semakin tampak jelas pada usia 40-an. Jika Anda masih berusia 30-an awal dan kerutan sudah muncul, maka dipastikan Anda mengalami penuaan dini.
  • Berkurangnya volume wajah. Akibat menurunnya produksi kolagen dan deposit lemak di kulit, maka kepadatan kulit pun menjadi berkurang sehingga wajah terlihat menyusut. Tanda-tandanya adalah area mata yang terlihat cekung dan pipi terlihat sangat tirus.  

Penyebab Penuaan Dini yang Harus Dihindari

  • Mencegah lebih baik daripada mengobati, karena itu, cara mencegah penuaan dini yang efektif adalah dengan menghindari berbagai faktor penyebabnya. Penyebab utama dari terjadinya penuaan dini adalah paparan sinar matahari yang berlangsung dalam waktu lama dan terjadi terus-menerus di kulit wajah yang tidak terlindungi sunscreen. Sekitar 90 persen tanda-tanda penuaan disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlangsung sepanjang hidup.
  • Faktor-faktor lain yang menjadi penyebab penuaan dini berhubungan dengan gaya hidup yang tidak sehat, di antaranya adalah merokok, banyak mengonsumsi minuman beralkohol, pola makan yang tidak seimbang sehingga kekurangan nutrisi, malas berolahraga, dan sering begadang. Faktor lingkungan juga dapat mempengaruhi, misalnya perubahan cuaca yang ekstrim, begitu juga dengan faktor kesehatan seperti stres dan kesehatan yang buruk.
  • Kondisi ini akan menjadi lebih parah saat Anda tidak merawat kulit dengan baik. Paling tidak, Anda harus melakukan perawatan kulit wajah secara mendasar, yaitu membersihkan, melembabkan, dan melindungi. Kotoran yang menempel di kulit wajah akan dengan cepat menyebabkan masalah peradangan di kulit, sementara wajah yang dehidrasi dan kering tak terhindari akan mengalami penuaan dini. 

Skin Booster Age Recovery Treatment

Prosedur Skin Booster Age Recovery sangat ampuh dalam hal memberikan efek regenerasi kulit, menyehatkan, meringankan acne, memperbaiki tekstur dan keelastisan kulit. Treatment satu ini yang akan membawamu memutar balik waktu, sehingga tanda penuaan akan memudar secara alami dengan sensasi seperti kembali muda.

Manfaat dan Keunggulan Skin Booster Age Recovery Treatment

  • Meremajakan Kulit
  • melembabkan
  • Mengatasi kerutan dan garis halus
  • Merangsang produksi kolagen
  • Meminimalisir keriput
  • Meratakan warna kulit
  • Memperbaiki pori-pori yang besar
  • Memudarkan noda hitam bekas jerawat
  • Memperbaiki keelastisan kulit

Selain itu, Age Recovery juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, dengan cara meningkatkan pembentukan pembuluh darah serta melancarkan aliran darah ke kulit. Perawatan Age Recovery bekerja secara halus ke dalam lapisan kulit agar memungkinkan meresap hingga ke bagian kulit terdalam. Kandungannya bekerja pada lapisan dermis juga merangsang pertumbuhan sel fibroblast yang secara aktif meningkatkan produksi kolagen. Nantinya, ketebalan dan keaktifan jaringan kulit  dapat meningkat sehingga wajah terlihat lebih sehat dan natural.

Prosedur estetika ini menawarkan hasil yang luar biasa dan tahan lama, terutama bila dilakukan oleh dokter spesialis bersertifikat seperti NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi. NOVI’S menawarkan  perawatan yang disesuaikan untuk tiap-tiap pasien. NOVI’S menggabungkan  beberapa perawatan, teknik, dan produk untuk membantu setiap pasien mencapai keinginannya.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam Produk yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui www.store.novis.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Perawatan

Kelembapan Kulit Berkurang Akibat Penuaan

Perawatan

Terapi Laser untuk Kencangkan Otot Vagina

Perawatan

Fungsi Kolagen dan Hyaluronic Acid yang Saling Menyempurnakan

Perawatan

Mengenal Lemak Buccal yang Buat Wajah Tampak Bulat

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Worth reading...
Mengenal Elektocauter Treatment untuk Mengatasi Beberapa Masalah di Kulit