Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Pelajari Lebih Jauh Mengenai Fungsi Terapi Laser untuk Kecantikan

Salah satu bukti kemajuan teknologi laser turut membantu menciptakan strategi terapi bagi jaringan parut yaitu keberhasilan penggunaan laser CO2 Fraksional yang dibantu dengan kortikosteroid untuk mengatasi jaringan parut akibat luka bakar. Secara umum terapi laser CO2 fraksional pada pasien aman dan tidak dilaporkan adanya efek samping.

Kemajuan teknologi yang semakin hebat termasuk dalam bidang teknologi laser menyediakan pilihan terapi baru bagi pasien yang memiliki jaringan parut yang mengganggu. Terapi laser CO2 fraksional yang dikombinasikan bersama terapi kortikosteroid dengan laser telah terbukti memberikan perbaikan yang signifikan, aman, dan efektif untuk memperbaiki hipertropi jaringan parut akibat thermal injury.

Penggunaan laser dalam dunia kedokteran khususnya kesehatan kulit bukanlah hal yang baru. Teknologi laser kini semakin populer karena terbukti efektif mengatasi permasalahan kulit terutama wajah. Laser bekerja dengan mengirim sinar kuat yang menembus lapisan kulit luar atau epidermis dan bahkan sampai ke lapisan kulit dalam atau dermis.  Terdapat banyak jenis laser dan masing-masing mempunyai kegunaannya sendiri.  Pada umumnya jenis laser dibagi atas laser ablatif (melukai) dan non-ablatif (tidak melukai).  

Kemajuan dalam teknologi laser dan aplikasinya ikut menyumbang strategi terapi untuk membantu meningkatkan fungsi, gejala, serta kosmetik jaringan parut yang terbentuk. Fractional photothermolysis sudah terbukti dapat mengatasi jaringan parut maupun lesi pigmentasi. Sedangkan ablative fractional laser (AFL) dapat membantu obat topikal untuk masuk ke dalam kulit dengan cara membuat kanal vertikal sehingga menginduksi penyembuhan luka dan respon remodeling kolagen. Terapi ablative fractional  CO2 laser terbukti membantu re-epitelisasi secara utuh dalam wkatu 48 jam pada kulit yang normal. Fractional laser telah digunakan secara luas untuk memperbaiki permukaan kulit dengan indikasi kosmetik, terapi untuk jaringan parut atropi serta jaringan parut akibat operasi.

Scar atau bekas luka atau jaringan parut pada kulit akibat terbakar atau karena trauma lain dianggap mengganggu bagi sebagian orang, baik secara kosmetik maupun fungsi. Saat ini sangat dibutuhkan modalitas terapi yang efektif untuk tata laksana dan rehabilitasi pasien dengan jaringan parut di kulitnya. Kortikosteroid yang disuntikkan intralesi masih menjadi terapi utama untuk hipertrofi dan scar restriktif. Namun dengan teknologi laser yang semakin maju memunculkan pilihan pengobatan baru yang mungkin lebih efektif untuk mengatasi jaringan parut.

Jaringan parut terbentuk setelah beberapa proses fisiologis sebagai respon adanya luka pada dermis. Ketika ada luka maka tubuh akan berusaha untuk menutup luka tersebut dengan berbagai proses, yaitu inflamasi, proliferasi, dan remodeling. Luka akan menyebabkan degranulasi trombosit dan aktivasi dari komponen-komponen pembekuan darah untuk membentuk benang fibrin sebagai tahap awal penyembuhan luka. Trombosit yang terdegranulasi akan melepaskan dan mengaktifkan sitokin serta faktor pertumbuhan sebagai agen kemotaksis untuk menarik makrofag, neutrofil, fibroblas, dan lainnya. Fibroblas akan menyintesis maktrik ekstraseluler sebagai kerangka dan jembatan untuk menutup luka serta untuk pertumbuhan pembuluh darah. Dibutuhkan miofibroblas untuk membuat kontraksi luka sehingga lebih mudah untuk menutup.

Masalah kulit apa saja yang dapat diatasi dengan terapi laser?

  • Rejuvenation (Peremajaan kulit)
  • Menghilangkan tahi lalat
  • Menghilangkan tato
  • Menghilangkan flek hitam
  • Menghilangkan bekas jerawat dan bekas luka
  • Menghilangkan bulu
  • Menghilangkan kutil
  • Menghilangkan tanda lahir

Setelah kamu melakukan terapi laser, ada beberapa efek samping yang mungkin timbul. Namun efek samping ini tidak berbahaya dan hanya berlangsung dalam jangka pendek. Efek samping tersebut seperti rasa panas, iritasi ringan, hindari sinar matahari secara langsung. Untuk meminimalisir terjadinya efek samping berkepanjangan, baiknya kamu melakukan terapi laser di klinik terpercaya dan tersertifikasi seperti NOVI’S Dermatology Bekasi.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di www.novisdermatology.co.id

Sahabat NOVI’S juga bisa menyaksikan beberapa treatment di youtube channel NOVI’S Dermatology

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Perawatan

Mengatasi Hiperpigmentasi untuk Dapatkan Kulit Lebih Muda

Perawatan

Kapan Waktu Harus Melakukan Rutin Facial ?

Perawatan

Memperbaiki Masalah Flek Hitam yang Membuat Kulit Terlihat Lebih Tua

Perawatan

Mengenal Tarik Benang Sebagai Solusi Kulit Wajah yang Kendur

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...