Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Mengenal Lemak Subkutan dalam Prosedur Mini Liposuction

Lemak tubuh manusia utamanya terbagi atas dua jenis, yakni lemak visceral dan lemak subkutan. Lemak visceral membalut berbagai organ dan dikaitkan dengan risiko penyakit jika kadarnya tak terkendali. Lemak subkutan adalah jenis lemak yang terletak di lapisan terdalam kulit. Lemak ini sebenernya memiliki fungsi yang vital untuk tubuh. Lemak subkutan sebenarnya menjalankan peran yang vital untuk tubuh. Pada kadar yang terkendali, berikut ini fungsi lemak subkutan :

  • Melindungi otot dan tulang dari benturan, misalnya Ketika jatuh
  • Menyimpan energi
  • Sebagai jalan untuk saraf dan pembuluh darah anatara kulit dan otot
  • Membantu mengatur suhu tubuh
  • Mengaitkan lapisan kulit dermis dengan otot dan tulang menggunakan jaringan penghubung khusus

Sedangkan lemak visceral terletak di dalam tubuh dan membalutb berbagai organ. Sementara itu, lemak subkutan terletak di bawah kulit dan bisa dipegang seperti pada daerah perut. Kelebihan lemak subkutan dapat membuat tubuh memiliki kontur yang tidak seimbang, misalnya pada perut yang buncit atau bergelambir. Memliki postur tubuh yang ideal dengan kulit yang kencang merupakan keinginan hamper semua orang, namun umumnya kelebihan lemak subkutan pada beberapa area tubuh sangat sulit dihilangkan dengan berolahraga.

Membentuk Kontur/Postur Tubuh dengan Mini Lipo Suction

Mini Lipposuction atau Sedot Lemak merupakan prosedur bedah yang menggunakan teknik penyedotan lemak pada area yang diinginkan. Prosedur ini biasanya melibatkan penumpukan lemak yang sulit dihilangkan dengan olahraga, beberapa area tersebut diantaranya :

  • Perut
  • Paha
  • Pinggul
  • Bokong
  • Lengan
  • Punggung
  • Leher/Double Chin

Menurut dr. Novi Arlisma, Mini Liposuction bukanlah treatment untuk menurunkan berat badan, karena lemak yang dihilangkan adalah lemak yang berada di bawah kulit (lemak perifer/lemak subkutan). Namun tujuan dari prosedur ini adalah untuk membentuk postur badan dan wajah yang lebih ideal.

Tujuannya adalah untuk membentuk postur tubuh dan kontur wajah yang lebih ideal. Mini Liposuction bekerja dengan mengurangi jumlah sel lemak di area tertentu. Jumlah lemak yang dihilangkan tergantung pada penampilan area dan besar lemak. Hasilnya umumnya tahan lama hingga permanen dengan mempertahankan berat badan dan menjaga pola makan.

Meski demikian, lemak yang dibuang pada prosedur ini adalah lemak yang berada di bawah kulit (lemak perifer), bukan lemak di sekeliling organ dalam (lemak viseral). Oleh karena itu, sedot lemak bukanlah prosedur yang disarankan untuk menurunkan berat badan.

Sebelum prosedurnya berlangsung, dokter akan memastikan kamu dalam keadaan sehat dengan sistem kekebalan tubuh yang baik dan tidak memiliki riwayat penyakit tertentu seperti diabetes, dan gangguan pembekuan darah.

Review by : dr. Novi Arlisma

Related posts
Perawatan

Kelembapan Kulit Berkurang Akibat Penuaan

Perawatan

Terapi Laser untuk Kencangkan Otot Vagina

Perawatan

Fungsi Kolagen dan Hyaluronic Acid yang Saling Menyempurnakan

Perawatan

Mengenal Lemak Buccal yang Buat Wajah Tampak Bulat

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *