Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Mengatasi Melasma dengan Teknologi Laser

Selain bisa memperburuk tampilan wajah kita, membuat kita mudah merasa insecure alias tidak percaya diri. Ketika kamu mulai merasa memiliki noda hitam di wajah, sebelum menghilangkannya kamu harus tahu penyebab noda hitam itu muncul dan jenis noda hitam yang hadir di wajahmu. Fungsinya, agar kamu bisa menemukan produk yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tentunya beda masalah dibutuhkan penanganan produk yang berbeda juga dong untuk hasil yang sempurna.

Kenali jenis-jenis noda hitam secara mendalam agar kamu tahu perbedaan dari masing-masing noda hitam, bagaimana noda hitam tersebut bisa muncul?

Melasma

Melasma atau chloasma merupakan penyakit kulit dengan tanda bercak-bercak berwarna coklat hiperpigmentasi yang timbul di kulit wajah. Bercak ini muncul di tempat wajahmu yang paling sering terkena sinar matahari, atau pada bagian kulit seperti leher dan lengan bawah. Kemunculan Melasma cenderung sering dialami oleh wanita, terutama wanita hamil dengan persentase 15-50%.

Melasma terjadi saat melanosit atau sel penghasil pigmen di kulit memproduksi terlalu banyak warna. Saat kulitmu tidak dilapisi dengan perlindungan sinar UV (sunscare) akan lebih mudah merangsang kerja melanosit, sehingga menimbulkan melasma. Selain kehamilan, pil KB juga bisa menyebabkan timbulnya melasma, namun melasma sendiri bisa hilang ketika pasien sudah tidak terpapar pemicunya (kehamilan/pil KB) yang mana cukup memakan waktu untuk menghilangkan noda hitam wajah. Sebagian orang baru bisa menghilangkan melasma selama bertahun-tahun bahkan seumur hidup.

Freckles

Freckles sendiri merupakan kelompok sel-sel melanin terkonsentrasi yang paling nampak pada orang yang memiliki kulit cerah. Hadirnya freckles yaitu saat melanosit memiliki dalam jumlah yang terlalu banyak dalam memproduksi melanin butiran, dan dapat mengubah warna sel kulit luarmu. Penyebab lain dari freckles ini adalah karena wajahmu terpapar terlalu banyak sinar matahari. Melanosit akan aktif saat terkena paparan radiasi UVB (Ultraviolet-Burning) yang dapat membuat bintik-bintik gelap di wajah muncul. Adapun freckles ini bukan merupakan gangguan/penyakit kulit, melainkan terjadi pada mereka yang memiliki konsentrasi melanin pelindung yang rendah sehingga rentan terkena radiasi UV.

Untuk masalah kulit yang satu ini, kehadiran freckles bisa dicegah dengan merawat kulit dengan pelindung tabir surya (sunscreen/sunblock). Penggunaan tabir surya akan memperlambat proses kerja melanosit sehingga bintik-bintik hitam tidak akan muncul pada kulit wajahmu yang dapat mengganggu penampilan.

Inflammatory Spots

Flek bekas peradangan atau flek hitam bekas jerawat memang sangat sulit untuk hilang. Tentu kamu tidak ingin hanya menutupinya dengan bantuan make-up saja kan? Inflammatory spots atau noda hitam bekas jerawat ini bisa muncul karena proses hiperpigmentasi pasca inflamasi. Dimana, terjadi proses pembentukan pigmen yang berlebihan karena adanya peradangan. Gejala sebelum timbulnya flek hitam ini ialah rasa sakit dan warna kemerahan yang ditinggalkan dari jerawat yang sebelumnya hadir di wajahmu. Selanjutnya akan muncul peradangan yang menyebabkan hiperpigmentasi sehingga hadirlah noda hitam bekas peradangan.

Laser CO2 Fractional

Laser CO2 adalah prosedur kecantikan yang menggunakan gas karbon dioksida dan laser untuk meratakan kulit. Teknologi laser yang bersifat ablatif ini bekerja pada lapisan permukaan kulit untuk memperbaiki kualitas, tekstur dan meregenerasikan kulit. Laser ablatif sangat efektif untuk menghilangkan bekas jerawat.

Teknologi laser fraksional tercipta karena adanya kebutuhan untuk teknologi yang dapat memberikan hasil seimbang. Pada laser fraksional tiap tembakan sinar laser dibagi menjadi ribuan zona terapi mikroskopis yang mentargetkan sebagian kecil area kulit dan menyisakan kulit sehat yang akan mempercepat  proses penyembuhan.

Karenanya, penggunaan laser co2 harus dilakukan oleh dokter ahli. Beberapa masalah kulit yang dapat diatasi dengan laser co2 memiliki pengaturan laser yang berbeda, misalnya saja pada teknik penembakan hingga kedalaman pada kulit.

Selain itu, Laser CO2 Fraksional juga memiliki beberapa bermanfaat lain diantaranya :

  • Membuat kulit tampak cerah dan halus
  • Menghilangkan Flek
  • Memperbaiki bekas jerawat
  • Memperbaiki tampilan pori-pori
  • Mengatasi kerutan pada tanda penuaan
  • Mengatasi stratch mark dan Melasma

Tindakan ini merupakan alternatif dalam menangani bekas jerawat, namun kamu harus tetap mewaspadai tindakannya, terutama bila dilakukan bukan pada ahlinya. Untuk mendapatkan tindakan yang aman dengan dokter profesional dan berpengalaman, kamu bisa melakukan tindakan laser CO2 ini di Novi’s Clinic.

Related posts
Perawatan

Merawat Otot-otot Vagina dengan Laser CO2 Vagina Treatment

Perawatan

Pipi Tirus Permanen dengan Buccal Fat Removal

Perawatan

Hal yang Membuat Penuaan Datang Lebih Cepat, dan Cara Mencegahnya

Perawatan

Menghilangkan Melasma/Flek Hitam dengan Laser CO2 Fractional

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *