Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Mengapa Bisa Terjadi Breakout Pada Kulit Wajah?

Biasanya, breakout yang terjadi pada kulit disebabkan oleh reaksi yang kurang cocok dengan zat aktif maupun  salah satu kandungan dalam produk skincare. Hal ini kerap ditandai oleh munculnya jerawat, iritasi, kemerahan, muncul alergi, dan tersumbatnya pori-pori di kulit wajah. Kamu dapat mendeteksinya sebagai jerawat breakot apabila tanda-tanda tersebut  muncul diarea baru  yang sebelumnya tidak bermasalah. Selain itu, jerawat breakot juga bisa disebabkan oleh faktor hormonal, bakteri, kelebihan minyak, lingkungan, dan beberapa faktor lainnya.

Breakout di kulit wajah seringkali letaknya di area yang pada umumnya tidak bermasalah, bahkan bisa saja terjadi di seluruh area wajah. Reaksi yang dirasakan, awalnya berupa iritasi yang disertai kemerahan dan rasa gatal di wajah. Selain itu, erawat breakout biasanya meninggalkan bekas yang sukar dihilangkan sehingga memerlukan treatment khusu untuk kulit berjerawat.

Hal yang paling tepat untuk memulai mengatasi breakout adalah dengan mencari tahu penyebabnya. Penyebab utama wajah yang breakout dan berjerawat adalah kurangnya kebersihan pada wajah. Oleh sebab itu, langkah mudah mengatasinya adalah  dengan menjaga kebersihan wajah. Kamu bisa membiasakan mencuci wajah  dengan rutin dua kali sehari pada pagi dan malam. Kemudaian biasakan dirimu mencucu tangan, dan tangan dalam keadaan bersih saat ingin menyentuh area wajah. Hindari kebiasaan buruk memencet jerawat dan komedo dengan tangan langsung. selain akan menimbulkan iritasi, pori-por yang terbuka dan terluka akan menyebabkan bakteri meperburuk keadaan kulitmu.

Saat merawat kulit yang breakout, mulailah dengan memperhatikan makanan yang kamu konsumsi. Produk kecantikan apa saja yang kamu gunakanm, dan beberapa kebiasaan buruk yang akan membuat keadaan kulit breakout semakin parah. Berikut ini adalah beberapa penyebab wajah breakout diantaranya :

  • Asupan makanan yang tidak sehat
  • Tidak membersihkan wajah dengan benar
  • Terlalu sering mengganti produk skincare
  • Kebiasaan buruk menyentuh wajah dengan tangan kotor
  • Terlalu kasar saat mengelap wajah
  • Memencet jerawat
  • Stress dan perubahan hormonal
  • Tidak segera membersihkan ajah saat berkeringat

Sebagian orang mungkin memilki riwayat  keluarga dengan kulit yang mudah berjerawat, maka kemungkinan bisa jadi faktor penyebab berjerawat adalah dari keturunan. Namun ada beberapa faktor risiko lain yang sering terjadi akhir-akhir ini seperti :

  • Breakout karena jarang mengganti masker

Kamu pasti sudah mengetahui bahwa dimasa pandemi saat ini kita diwajibkan untuk menggunakan masker. Masker yang jarang diganti akan menyebabkan breakout pada bagian dagu, garis rahang dan pipi sesudah beberapa waktu memakai masker.

Ketika memakai masker maka semua keringat, minyak, dan bakteri akan terperangkap  di bawah penutup wajah. Ketika menggunakan masker dalam waktu yang lama, maka kondisi ini akan menjadi tempat berkembang biak bakteri penyebab breakout.

  • Jarang Mencuci Sarung Bantal

Pada siang hari, semua kotoran, minyak, makeup, dan kotoran menumpuk di kulit. Ketika kamu tidak mencuci muka sebelum tidur, maka hal ini akan mneyebarkan bakteri ke sarung bantal. Paparan jangka panjang kulit terhadap jenis kotoran ini, bersama dengan gesekan wajah dengan sarung bantal dapat meningkatkan peradangan dan jerawat. Lingkungan yang berminyak dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, yang pada akhirnya menyebabkan kulit breakout.

Solusi Wajah Breakout

Ketika kamu sudah melakukan berbagai upaya, untuk bisa memperbaiki keadaan kulit yang breakout dan tidak kunjung berhasil, sebaiknya kamu melakukan perawatan dokter. Kamu bisa menggunakan teknologi Chemical Peeling untuk atasi masalah jerawat dan Breakout. Metode chemical peeling dilakukan dengan cara mengaplikasikan larutan kimia pada kulit, sehingga nantinya akan menyebabkan pengelupasan kulit. Kulit baru yang diregenerasi biasanya lebih halus, kulit baru ini biasanya akan lebih senditif terhadap sinar matahari.

Chemical peeling treatment dapat memperbaiki jerawat, bintik-bintik penuaan, perubahan warna, corak, garis-garis halus terutama area bawah mata dan sekitar mulut. Bintik-bintik yang ditangani seperti freckles, melasma, kerusakan akibat paparan sinar matahari dan masih banyak lagi. Prosedur ini dapat  meningkatkan penampilan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati hingga lapisan terdalam yang membuat kulit baru lebih halus, cerah, kencang dan menghilangkan tanda-tanda penuaan. Tehnik kecantikan ini dapat dilakukan di area wajah dan leher.

Chemical Peeling Treatment dapat menjadi pilihan perawatan kulit dengan berbagai manfaat. Prosedur ini sebaiknya dilakukan oleh tenaga ahli profesional untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Kamu bisa mendapatkan perawatan Chemical peeling Treatment di  NOVI’S Clinic Dermatology. NOVI’S merupakan fasilitas pelayanan perawatan kesehatan Umum, Spesialis dan Aesthetic yang telah memberikan kontribusi positif untuk masyarakat sekitar dengan kualitas dan standar yang tinggi perawatan klinis , memadukan keunggulan tenaga dokter professional serta teknologi terbaru dalam perawatan kesehatan.

Related posts
Perawatan

Mengatasi Hiperpigmentasi untuk Dapatkan Kulit Lebih Muda

Perawatan

Kapan Waktu Harus Melakukan Rutin Facial ?

Perawatan

Memperbaiki Masalah Flek Hitam yang Membuat Kulit Terlihat Lebih Tua

Perawatan

Mengenal Tarik Benang Sebagai Solusi Kulit Wajah yang Kendur

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.