Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Skincare

Kenali Kandungan Skincare yang Dapat Memperbaiki Noda Bekas Jerawat

Memiliki jerawat tentunya jadi problema bagi perempuan. Selain timbul rasa nyeri di sekitar benjolan, jerawat juga berpotensi bikin seseorang jadi tampil kurang percaya diri. Tak hanya itu, jerawat yang selesai meradang juga berpotensi meninggalkan dark spot. Biasanya, jenis bekas jerawat ini ditandai dengan perubahan warna lebih gelap di sekitar benjolan, sehingga warna kulit terlihat tidak rata.

Meskipun begitu, kamu nggak perlu khawatir lagi, hal tersebut bisa diatasi dengan mengetahui jenis, penyebab, dan berbagai kandungan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat. Apa saja? Simak info selengkapnya pada artikel ini!

Apa Itu Bekas Jerawat?

Bekas jerawat merupakan kondisi saat kulit wajah mengalami perubahan tekstur dan warna akibat peradangan pasca jerawat timbul. Bentuknya pun bermacam-macam. Bisa berupa scar atau pun noda merah dan hitam yang dapat mengganggu penampilan. 

Apa Saja Jenis Bekas Jerawat? 

1. Hyperpigmentation Scars

Bekas jerawat berupa perubahan warna pada kulit akibat produksi melanin berlebih setelah peradangan jerawat. Jenis bekas jerawat ini tidak berbahaya. Namun, cukup mengganggu penampilan apabila dibiarkan. 

2. Rolling Scars

Jenis bekas jerawat ini memiliki bentuk yang cenderung dangkal dan naik turun seperti berombak. Biasanya, rolling scars timbul pada area kulit yang tebal.

3. Boxcar Scars

Boxcar scar terjadi akibat produksi kolagen yang terlalu sedikit sehingga menimbulkan bekas berupa lekukan bulat dengan warna merah. Jenis bekas jerawat ini masuk ke dalam luka atrofi yang membuat warna kulit tidak dapat kembali ke semula. 

4. Ice Pick Scars

Ice pick scars terbentuk akibat peradangan cystic acne. Jenis bekas jerawat ini butuh waktu lama untuk diobati, sebab luka yang terbentuk tergolong dalam dan mencapai lapisan dermis. 

5. Keloid Scars

Jenis bekas jerawat yang terakhir adalah keloid scars. Jenis bekas jerawat ini berupa tonjolan berwarna kemerahan atau lebih gelap di kulit yang terjadi akibat produksi kolagen berlebih akibat peradangan jerawat. 

·         Salicylic Acid

Tak hanya mampu mengatasi jerawat, Salicylic Acid juga dapat membantu menyamarkan bekas jerawat di wajah, karena kandungan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang satu ini mampu membersihkan pori-pori kulit sehingga wajah jadi lebih bersih, cerah, dan ruam kemerahan pun tersamarkan. 

Untuk hasil yang maksimal, yuk, mulai masukkan kandungan Salicylic Acid pada skincare product yang kamu miliki. Kamu bisa menggunakan NOVI’S Skincare yang mengandung Salicylic Acid sebagai langkah perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Terkenal karena memiliki banyak manfaat, Double Hyaluronic Acid juga mampu menyamarkan bekas jerawat, lho, Sahabat NOVI’S. Hal ini karena Double Hyaluronic Acid memiliki dua kandungan yang kaya antioksidan, seperti, Sodium Hyaluronate yang mampu mempertahankan kulit agar tetap lembut dan Acetylated Sodium Hyaluroniate yang mampu menjaga kelembapan kulit lebih lama. Kalau kulit terhidrasi dengan optimal, proses penyembuhan jerawat dapat berjalan lebih cepat.

·         Niacinamide

Kandungan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat berikutnya adalah Niacinamide. Memiliki kemampuan dalam meningkatkan produksi kolagen, Vitamin B3 ini mampu memperkuat skin barrier, meratakan bekas jerawat kemerahan dan mengurangi peradangan. Makanya, jangan heran bila Sahabat NOVI’S menemukan banyak produk yang mengandung Niacinamide. Soalnya, kandungan ini memang dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga noda hitam tersamarkan. 

·         Lactic Acid

Khawatir pakai skincare dengan kandungan acid? Tenang! Acid yang satu ini aman kok di kulit. Kandungan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat ini masuk dalam golongan AHA yang mampu mengeksfoliasi kulit dengan lembut. Belum lagi, Lactic Acid sangat ampuh dalam meminimalisir tampilan bekas jerawat sehingga kulit jadi terlihat lebih halus deh. 

Itu dia kandungan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat. Namun, perlu diingat bahwa, tidak semua kandungan tersebut cocok untuk kulitmu. Sekali lagi, Senka ingatkan untuk memastikan kandungan yang kamu pilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan kulit wajahmu ya. 

Nah sahabat NOVI’S, Beberapa kandungan di atas dapat kamu temukan dalam rangkaian perawatan skincare dari NOVI’S Dermatology.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam Produk yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui www.store.novis.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Skincare

Keistimewaan Aloevera Sebagai Bahan Utama NOVI’S Hydration Gel Moisturizer

Gaya HidupSkincare

Sinar UV Akan  Merusak Komponen Utama Kulit Kamu

Skincare

Deretan Masalah Kulit yang Sering Dialami ole Remaja

Skincare

Kapan Sebaiknya Mengaplikasikan Pelembab untuk Wajah?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.