Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Hal yang Membuat Penuaan Datang Lebih Cepat, dan Cara Mencegahnya

Kerutan dan garis halus pada kulit  akan terjadi secara alami, umumnya seseorang akan lebih merasa kurang percaya diri ketika hal ini terjadi pada kulit wajah. Polusi dan asap kendaraan juga bisa menimbulkan dampak yang sama. Jadi, sebisa mungkin hindarilah paparan polusi ketika beraktivitas di luar rumah, karena faktor-faktor inilah yang akan memungkinkan kerutan dan garis halus muncul lebih cepat.

Ada beberapa penyebab masalah ini terjadi yaitu terlalu sering membiarkan kulit terpapar sinar matahari, polusi udara, dehidrasi dan faktor lainnya. Biasaya kerutan sering terjadi pada bagian yang sering terpapar sinar matahari seperti wajah, leher, punggung tangan dan lengan.

Kerutan dan garis-garis halus di wajah akan tampak terlihat saat kamu berekspresi seperti tersenyum, cemberut,tertawa, mengernyitkan dahi. Ekspresi tersebut akan membentuk garis-garis dan kerutan di area-area yang ototnya berkontraksi.

Beberapa faktor-faktor penyebab penuaan ini berkontribusi besar dalam memicu terjadinya kerutan dan garis halus, kemudian bisa memicu terjadinya tanda penuaan lebih cepat terjadi.

Tidak Menggunakan Suncare

Membiarkan kulit beralama-lama terpapar sianar matahari adalah salah satu penyebab terjadinya kerutan dan garis halus pada wajah. Sinar ultraviolet (UV) dapat memicu pembentukan radikal bebas pada kulit. Zat berbahaya ini akan merusak serat elastin sehingga kulit jadi keriput. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu meggunakan pakaian yang menutup kulit saat di bawah terik matahari dalam waktu lama.

Gunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit dari sinar UV, selain itu penggunaan tabir surya juga akan membantu mencegah penuaan dini. Paparan polusi dan asap kendaraan juga bisa menimbulkan dampak yang sama. Jadi, usahakanlah untuk menghindari paparan polusi ketika beraktivitas di luar rumah.

Dehidrasi

Kandungan air dalam tubuh sangat berperan penting karena sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Air berfungsi untuk mentransportasi mineral, vitamin, protein dan zat gizi lainnya ke seluruh tubuh. Jika kandungan air dalam tubuh berkurang sel-sel kulit dapat membuat kulit mengerut dan berkurang kekenyalannya. Kondisi ini dapat menyebabkan munculnya garis-garis halus di wajah, dan kerutan yang sudah ada akan semakin terlihat akibat dehidrasi.

Merokok

Merokok adalah salah satu terjadinya tanda penuaan dini, kandungan nikotin yang ada di dalam rokok dapat mempengaruhi tubuh terutama sel-sel kulit. Pada akhirnya, sel-sel kulit akan sulit regenerasi yang membuat wajah dan kulit terlihat kusam.

Pola Makan Tidak Sehat

Konsumsi makanan sehat setiap hari membantu melawan gen inflamsi dan memberi tubuh alat yang tepat untuk mempertkuat dan membangun jaringan yang sehat. Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat olahan dan gula dapat mempercepat penuaan kulit. Sementara kurangnya konsumsi sayuran dan buah-buahan dapat membuat kulit kekurangan nutrisi yang dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakan di kulit.

Tidak  Menggunakan Produk Skincare

Merawat kulit menggunakan produk skincare juga sangat berpengaruh dalam menjaga keelastisan kulit, kandungan yang ada di dalam skincare mampu melindungi kulit dari hal-hal yang mungkin saja terjadi seperti munculnya tanda penuaan dini.

Botox Treatment

Suntik botox merupakan prosedur tindakan medis dalam bidang drmatologi yang digunakan untuk pengobatan garis-garis kerut akibat ekspresi  wajah sepertiga atas, yaitu kerut daerah dahi, sekeliling mata, hiperhidrosis bagian ketiak, terkadang juga digunakan untuk platysma di leher, dan kerutan halus sekitar mulut.

Perawatan ini dilakukan dengan cara menyuntikkan protein yang dihasilkan oleh bakteri Clostridium Botulinum. Fungsinya menghambat sinyal saraf asetilkolin yang ada dalam otot wajah agar lebih rileks. Hasilnya, ketika otot wajah kamu rileks, maka kulit kamu akan lebih lembut dan mengencang. Inilah yang membuat kerutan di wajah hilang

Apa saja manfaat botox?

  • Mengatasi kerutan dan garis halus
  • Meminimalisir keriput
  • Memperbaiki double chin
  • Mengobati rosacea
  • Meremajakan kulit
  • Mengatasi hyperhidrosis atau lebih di kenal dengan keringat yang berlebihan pada area ketiak, telapak tangan atau kaki.

Apa keunggulan botox?

Kegunaan injeksi botox dalam bidang dermatologi pada prinsipnya ditujukan pada otot-otot ekspresi wajah. Kebanyakan otot-otot tersebut tidak berhubungan dengan tulang melainkan  berhubungan dengan jaringan lunak dan bekerja untuk menggerakan kulit wajah.

Umumnya, tidak ada efek samping jangka panjang atau yang membahayakan pada penggunaan botox di bidang dermatologi, karena terapi botox tidak berhubungan dengan efek klinis yang permanen. Botox cukup aman dan efektif pada penggunaan untuk terapi kerutan pada wajah.

Jika prosedur lain membutuhkan waktu berjam-jam. Pada suntik botox, kamu tidak membutuhkan waktu lama hanya beberapa menit saja. Biasanya dokter akan langsung  menyuntikan botox ke area yang mengalami kerutan.

perawatan Botox dianggap aman dan telah digunakan bertahun-tahun untuk perawatan neurologis dan optalmologis. Selain manfaat kecantikannya, Botulinum Toxin juga dapat digunakan untuk mengobati kondisi tertentu yang penyebab utamanya adalah kontraksi otot. Perawatan Botulinum Toxin dapat menghilangkan gejala dengan melemaskan otot.

Review by : dr. Novi Arlisma

Related posts
Perawatan

Kelembapan Kulit Berkurang Akibat Penuaan

Perawatan

Terapi Laser untuk Kencangkan Otot Vagina

Perawatan

Fungsi Kolagen dan Hyaluronic Acid yang Saling Menyempurnakan

Perawatan

Mengenal Lemak Buccal yang Buat Wajah Tampak Bulat

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *