Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Skincare

Formula yang Tepat di Sabun Cuci Muka yang Perlu Kamu Tahu

Saat wajah terlihat kotor dan kusam, kebanyakan orang akan tergerak untuk membersihkan atau mencucinya agar wajah kembali bersih dan segar. Memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan menjadi langkah penting agar wajah tak hanya bersih dan segar, tapi juga tampak cerah. Seperti apa sabun cuci muka yang memenuhi kriteria tersebut? Tentu saja, Anda harus memperhatikan formula dan bahan kandungannya agar dapat memberi hasil yang diharapkan.

Tidak hanya membersihkan

Kebiasaan membersihkan diri pada manusia sebenarnya sudah berlangsung sejak ribuan tahun lalu, dengan tujuan untuk menjaga kebersihan diri. Pada praktiknya kemudian, membersihkan diri lebih dari sekadar menghilangkan kotoran tapi juga menjadi cara untuk merawat kulit, meningkatkan penampilan, sebagai terapi relaksasi, bahkan bagian dari ritual budaya.

Mencuci muka merupakan salah satu bagian dari kebiasaan membersihkan diri. Jika awalnya mencuci muka hanya dilakukan menggunakan air saja, di kemudian hari kegiatan ini berevolusi dengan penggunaan produk yang membantu membersihkan kulit wajah, salah satunya adalah sabun. Alasannya adalah karena air dinilai tak lagi cukup untuk membersihkan kotoran yang menempel di kulit wajah.

Sabun cuci muka digunakan untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran, minyak, residu produk-produk kosmetik, dan mikroorganisme. Lebih jauh lagi, sabun cuci muka juga membantu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati yang terdapat di permukaan kulit. Idealnya, semua fungsi ini dilakukan tanpa menyebabkan kulit wajah kering bahkan iritasi pada kulit.

Memilih sabun cuci muka sesuai kebutuhan

Saat memilih sabun untuk mencuci muka, Anda harus memperhatikan jenis dan masalah kulit wajah Anda. Tujuannya adalah agar sabun cuci muka bisa membantu membersihkan wajah sekaligus memenuhi kebutuhan kulit wajah. Untuk kulit wajah yang berminyak dan cenderung terlihat kusam karena mengilap dan kotor, misalnya, Anda butuh sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan mencerahkan.

Secara mendasar, ada empat jenis kulit wajah yang perlu Anda ketahui, yaitu kulit normal, berminyak, kering, dan kombinasi. Masing-masing jenis kulit ini memiliki ciri khas, baik berupa kelebihan dan kekurangan. Perlu Anda perhatikan bahwa jenis kulit bisa berubah karena faktor usia, iklim di tempat tinggal, nutrisi, kondisi kesehatan, dan lainnya. Tak ada salahnya Anda sesekali memeriksakan kulit wajah Anda ke dokter kulit untuk memastikan jenis dan masalahnya.

Masalah kulit wajah sendiri sangat beragam, ada yang berhubungan dengan jenis kulit dan ada juga yang berhubungan dengan faktor eksternal. Kulit yang kering mudah gatal dan kemerahan, sementara kulit yang berminyak biasanya mudah sekali berjerawat. Ada pula masalah kulit berupa penuaan dini, biasanya akibat paparan sinar matahari dan gaya hidup tak sehat. Kondisi kulit yang sensitif membuatnya mudah iritasi, sementara kulit dehidrasi umumnya mudah kusam dan kulit kehilangan kekenyalannya. 

Formula di Sabun Cuci Muka untuk Mencerahkan

Kulit yang kering dan dehidrasi biasanya mudah kusam karena kulit tak memiliki kandungan minyak dan air yang mencukupi untuk membuat kulit tetap lembap.  Kulit yang kusam ditandai dengan warnanya yang menggelap, kulit tampak lelah, tidak ada cahaya yang biasa terlihat di kulit wajah yang sehat, serta kulit terasa kasar saat disentuh.

Selain karena dehidrasi dan kering, kulit yang kusam juga disebabkan oleh penumpukan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Sebenarnya sel-sel kulit mati ini akan luruh secara alami dalam waktu 28 hari. Namun faktor usia serta kesehatan kulit dapat membuat sel-sel kulit mati menumpuk lebih cepat atau luruh lebih lama, membuat kulit menjadi kusam.

Untuk mengatasinya, Anda membutuhkan produk-produk perawatan kulit yang membantu mencerahkan kulit wajah, dimulai dari sabun cuci muka untuk mencerahkan. Produk-produk yang mencerahkan wajah ini biasanya memiliki kandungan asam (acid) yang berfungsi sebagai eksfoliator yang melemahkan ikatan sel-sel kulit mati dengan kulit sehingga dapat luruh dengan cepat dan mudah. 

Salah satu asam yang populer digunakan dalam produk-produk perawatan kulit wajah yang mencerahkan adalah glycolic acid atau asam glikolat. Asam ini termasuk dalam kelompok AHA (alpha-hydroxy acids) dan dikenal dengan kemampuannya untuk menghidrasi kulit, mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, memudarkan noda hitam, dan melawan tanda-tanda penuaan dini. 

Karena manfaatnya ini, kandungan glycolic acid bisa Anda jumpai di sabun cuci muka untuk mencerahkan kulit wajah. Sabun muka ini akan membantu membersihkan kulit  wajah dari berbagai kotoran serta mengangkat lapisan di permukaan kulit yang menggelap, baik akibat tumpukan sel-sel kulit mati atau noda hitam akibat jerawat atau paparan sinar matahari. 

Dalam menggunakan sabun muka yang mengandung glycolic acid untuk sehari-hari, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, yaitu:

  • Pastikan kandungan glycolic acid-nya berjenis clinical grade.
  • Kandungannya rendah dan sesuai untuk sabun muka, sehingga Anda terhindar dari iritasi.
  • Glycolic acid tergolong aman untuk semua jenis kulit. Namun jika kulit wajah Anda tergolong sensitif, ada baiknya gunakan 2-3 kali seminggu terlebih dahulu. Jika tak ada reaksi iritasi, maka Anda bisa gunakan untuk sehari-hari. 

Produk eksfoliasi yang lembut

Tak cuma sekadar mencuci wajah dengan sabun biasa, eksfoliasi juga penting sekali untuk membersihkan wajah hingga ke dalam pori-pori serta menjadikannya lebih halus dan kenyal. Namun ingat, produk Eksfoliasi NOVI’S boleh digunakan setiap hari karena bahan scrub yang terkandung didalamnya sangat lembut dan aman. Sebisa mungkin hindari tekstur scrub yang terlalu kasar karena butirannya bisa-bisa malah merusak lapisan epidermis wajahmu. Pilihlah NOVI’S Facial Wash Scrub eksfoliasi dengan formulasi ringan yang tidak abrasif terhadap kulit.

Related posts
Skincare

Keistimewaan Aloevera Sebagai Bahan Utama NOVI’S Hydration Gel Moisturizer

Gaya HidupSkincare

Sinar UV Akan  Merusak Komponen Utama Kulit Kamu

Skincare

Deretan Masalah Kulit yang Sering Dialami ole Remaja

Skincare

Kapan Sebaiknya Mengaplikasikan Pelembab untuk Wajah?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Manfaat Day Cream untuk Kulit Kering yang Wajib Kamu Ketahui