Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Bagaimana Terjadinya Komedo Pada Wajah dan Cara Mengatasinya

Komedo terbagi menjadi komedo hitam dan komedo putih. Permukaan komedo putih tertutup lapisan kulit dan berwarna putih. Sedangkan permukaan komedo hitam terbuka dan terpapar udara sehingga warnanya berubah menjadi cokelat atau hitam. Komedo tidak menimbulkan rasa sakit, kecuali bila mengalami infeksi. Infeksi itu lah yang dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan dan bengkak sehingga muncul jerawat. Baik komedo hitam maupun putih sama-sama berpotensi menjadi jerawat.

Penyebab KomedoKomedo terbentuk ketika sel kulit mati dan minyak menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit. Minyak itu sendiri dihasilkan oleh kelenjar minyak (sebum) di dalam pori-pori.

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang lebih rentan mengalami komedo, di antaranya:

  • Pola makan yang tidak sehat, seperti banyak asupan gula, tepung, dan keju
  • Peningkatan jumlah bakteri di permukaan kulit akibat kurangnya kebersihan kulit atau menurunnya daya tahan tubuh
  • Iritasi pada pori-pori kulit, misalnya akibat mencuci wajah dengan kasar, serta efek samping peeling atau perawatan sinar laser
  • Perubahan hormon, misalnya pada masa pubertas dan menstruasi, yang menyebabkan produksi minyak meningkat
  • Konsumsi obat tertentu, seperti kortikosteroid, lithium, atau pil KB
  • Kulit terlalu lembab, baik akibat penggunaan pelembab di permukaan kulit atau karena udara yang terlalu lembab
  • Paparan bahan kimia pada produk kosmetik, seperti isopropyl myristate atau propylene glycol
  • Konsumsi makanan atau minuman dengan kandungan gula dan lemak yang tinggi
  • Kebiasaan merokok

Gejala Komedo

Komedo putih dan hitam biasanya tidak menimbulkan gejala. Namun, bila kulit meradang akibat bakteri masuk ke dalam pori-pori, maka komedo akan menjadi jerawat yang dapat menimbulkan nyeri atau gatal.

Berdasarkan penampilannya, komedo hitam memiliki pori-pori yang terbuka. Bagian atas komedo ini terpapar udara dan teroksidasi sehingga warnanya berubah menjadi hitam.

Sementara itu, komedo putih memiliki permukaan tertutup. Penampakan komedo ini seperti titik-titik kecil berwarna putih.

Kapan harus ke dokter

Setiap orang pasti memiliki komedo walau hanya sesekali. Segera periksakan ke dokter jika komedo muncul terus-menerus dan berkembang menjadi peradangan yang menimbulkan jerawat. Konsultasikan juga ke dokter jika komedo menyebar luas sehingga mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Diagnosis Komedo

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk menentukan komedo hitam atau putih. Pemeriksaan tambahan akan dilakukan jika komedo disertai rasa sakit atau terjadi peradangan yang berkembang menjadi jerawat.

Silk Peel Treatment

Tidak rutin merawat kulit wajah, polusi hingga stress dapat menyebabkan kulit wajah terlihat kusam. Perempuan maupun laki-laki kini  semakin mempolpulerkan beragam perawatan kulit wajah dan tubuh. Jika berbicara soal perawatan kecantikan, para ahli estetika pun tetap berusaha untuk memfasilkitasi beberapa perawatan andalannya seperti NOVI’S Clinic Dermatology. Maka tak heran jika banyak orang yang memilih perawatan estetika demi tercapainya keinginan memiliki kulit yang sehat dan cerah. Salah satu perawatan tersebut adalah Silk Peel Treatment.

Silk Peel adalah perawatan eksfoliasi non-infasif, yang dilakukan dengan alat kristal mikro dan serum khusus. Tujuan dari prosedur ini adalah untuk mengangkat sel kulit mati, menutrisi kulit, serta merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Dengan rutin melakukan Silk Peel, kulit cerah dan sehat akan kamu dapatkan dengan cara yang instan. Alat yang digunakan dalam perawatan silk peel ini hampir menyerupai pensil. Sifatnya seperti vacuum, yaitu mengikis dan mengangkat lapisan sel kulit mati dan komedo.

Manfaat Silk Peel

  • Mencerahkan dan melembapkan kulit
  • Merangsangkan pertumbuhan sel kulit mati
  • Mengangkat sel kulit mati
  • Menutrisi dan menghidrasi
  • Membersihkan komedo

Perawatan Silk Peel sangat aman digunakan. Setelah tindakan prosedur ini tidak menimbulkan efeki samping dan gejala iritasi lainnya. Kamu bisa langsung beraktivitas seperti biasa setelah melakukan treatment ini, karena Silk Peel adalah prosedur perawatan non invansif. Kamu dapat merasakan sensasi kulit yang nyaman dan terasa lembab, bersih dan sehat seketika.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di www.novisdermatology.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Perawatan

Mengatasi Hiperpigmentasi untuk Dapatkan Kulit Lebih Muda

Perawatan

Kapan Waktu Harus Melakukan Rutin Facial ?

Perawatan

Memperbaiki Masalah Flek Hitam yang Membuat Kulit Terlihat Lebih Tua

Perawatan

Mengenal Tarik Benang Sebagai Solusi Kulit Wajah yang Kendur

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Melawan Proses Penuaan Dii Pada Kulit