Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Alasan Jenis Jerawat yang Terkadang Terasa Gatal Pada Kulit

Jerawat yang muncul di wajah terasa sakit, nampaknya sudah menjadi hal umum yang dirasakan. Karena memang jerawat adalah bentuk dari peradangan yang terjadi pada folikel rambut dengan berbagai penyebab. Tapi, ternyata jerawat juga bisa terasa gatal. Mungkin tidak semua orang merasakan hal ini, tapi jerawat yang gatal tentunya akan sangat mengganggu. Lalu, apa saja yang membuat jerawat gatal?

Terpapar Sinar UV Berlebih

Salah satu penyebab jerawat gatal adalah kulit yang terpapar oleh sinar UV secara berlebihan. Ya, selain dapat membuat kulit terbakar, menggelap hingga menyebabkan penuaan dini, sinar UV yang dipancarkan oleh matahari juga dapat membuat jerawat pada kulit wajah terasa gatal. Kulit yang sedang berjerawat cenderung lebih sensitif, sehingga jerawat yang ada pada wajah lebih mudah meradang. Untuk mengatasinya, pastikan kamu menggunakan sunscreen non-comedogenic sebelum beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dipancarkan oleh matahari.

Kulit Wajah Berkeringat

Apakah Teman Senka menyadari, jika kulit wajah kita sedang berkeringat, membuat produksi sebum atau minyak pada wajah menjadi lebih banyak dari biasanya? Pasalnya, ketika kulit kita berminyak secara berlebihan, pori-pori pada kulit akan tersumbat dan menyebabkan pertumbuhan bakteri jerawat pada pori-pori, sehingga jerawat semakin meradang dan terasa gatal. Produksi minyak berlebih ketika kulit sedang berkeringat inilah yang menjadi salah satu penyebab utama jerawat pada wajah terasa gatal.

Alergi

Penyebab gatal yang satu ini biasanya terjadi karena faktor genetik atau ketidakcocokan terhadap suatu kandungan pada obat-obatan/skincare tertentu. Tidak hanya memunculkan efek samping berupa rasa gatal, alergi pada bahan tertentu juga bisa memicu rasa bengkak atau terbakar pada kulit. Namun, jika tanda-tanda alergi ini sudah terlihat secara nyata, sebaiknya langsung hentikan pemakaian produk tersebut. Sebaliknya, jika kamu ragu apakah produk yang akan kamu gunakan cocok atau tidak pada kulitmu, kamu bisa melakukan metode patch test. Berikut caranya:

  • Pilih salah satu bagian kulit yang paling ideal untuk melakukan patch test. Biasanya, patch test dilakukan pada bagian leher di bawah telinga, lekukan siku, lipatan dalam lutut, dan bagian atas punggung.
  • Bersihkan bagian kulit di mana kamu akan melakukan patch test, kemudian keringkan menggunakan tisu atau handuk bersih.
  • Oleskan sedikit produk skincare ke kulit, lalu tutupi dengan kapas.
  • Biarkan selama 24 jam, kemudian lihat apakah ada reaksi tertentu pada bagian kulit yang kamu olesi produk skincare tersebut.

Jika terdapat reaksi seperti kemerahan atau gatal, kemungkinan, kulitmu memiliki reaksi alergi terhadap ingredients tertentu yang ada pada produk skincare kamu. Namun, jika tidak ada reaksi apapun, kamu bisa menggunakannya di wajah.

Permukaan Kulit Kering

Biasanya, kulit berjerawat identik dengan kulit kombinasi atau berminyak. Tapi ternyata, kulit berjerawat juga bisa dimiliki oleh kulit yang kering. Biasanya, hal ini disebabkan oleh kelenjar sebaceous yang memproduksi lebih banyak minyak untuk melembapkan kulit kering. Namun, kelenjar tersebut juga dapat menghalangi folikel rambut di saat yang sama. Hal ini bisa sebabkan munculnya jerawat pada wajah jika terdapat sel kulit mati atau bakteri yang menumpuk pada bagian folikel rambut. Tidak hanya menimbulkan jerawat, kondisi kulit ini juga bisa sebabkan rasa gatal yang tidak nyaman dan mengganggu pada kulit.

  • Hindari Menyentuh Jerawat

Saat jerawat terasa gatal, terkadang kita nggak tahan untuk menyentuh dan memencet jerawat yang sedang matang. Padahal, tangan kita merupakan salah satu anggota tubuh yang paling banyak dihinggapi oleh bakteri yang bisa membuat jerawat terasa gatal dan semakin meradang. Jadi, pastikan kamu menghindari menyentuh dan memencet jerawat apalagi dengan tangan yang kotor ya.

  • Menggunakan Facial Foam Khusus Jerawat yang Lembut di Kulit

Cara pertama untuk mengatasi masalah jerawat adalah dengan rajin membersihkan wajah, salah satunya dengan facial foam khusus jerawat. Kamu bisa mengandalkan varian Facial Wash dari NOVI’S, facial wash yang mampu mencegah, merawat, dan mengatasi kulit berjerawat. Facial wash ini terdiri dari Nia Cinamide yang  berfungsi sebagai anti-inflamasi, anti-fungal dan mampu bersihkan wajah dengan lembut agar tetap bersih dan cerah.

  • Menerapkan Pola Hidup Sehat

Selain mengatasinya dari luar, mengatasi jerawat pada wajah juga perlu diatasi dari dalam, yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. Pastikan kamu mengonsumsi makanan bergizi serta menghindari makanan berminyak, makanan pedas ataupun tinggi gula. Selain itu, cukupi juga kebutuhan air putih sebanyak minimal 8 gelas perhari serta jaga pola tidurmu dengan istirahat minimal 7-8 jam setiap harinya.

Related posts
Perawatan

Mengatasi Hiperpigmentasi untuk Dapatkan Kulit Lebih Muda

Perawatan

Kapan Waktu Harus Melakukan Rutin Facial ?

Perawatan

Memperbaiki Masalah Flek Hitam yang Membuat Kulit Terlihat Lebih Tua

Perawatan

Mengenal Tarik Benang Sebagai Solusi Kulit Wajah yang Kendur

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Penyebab Munculnya Flek Hitam Pada Wajah yang Sangat Mengganggu Penampilanmu