Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Kesehatan

6 Manfaat Mencuci Muka dengan Air Hangat yang Harus Kamu Tahu

Setiap harinya kulit terpapar berbagai bakteri, kotoran, keringat dan polusi. Jika tidak dibersihkan dengan bena, kulit bisa bermasalah. Mulai dari penyumbatan pori-pori sehingga menimbulkan jerawat, iritasi kulit, hingga mempercepat penuaan. Itulah sebabnya kamu perlu mencuci muka dengan benar dan secara rutin. Produk pembersih dapat secara efektif menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit. Namun, pembersih yang salah dapat mengganggu lapisan kulit luar. Selain pilhan produk pembersih, suhu air untuk mencuci muka juga harus diperhatikan. Pasalnya temperatur air dapat mempengaruhi kondisi kulit. Lalu, manakah yang paling benar? Air dingin atau air hangat?

Paparan air dingin pada kulit dapat meningkatan sirkulasi darah, sehingga mmapu membuat kulit jauh lebih bercajaya. Selain itu, air dingin juga membantumenyempitkan kapiler untuk menghilangkan kemerahan akibat peradangan.

Sementara itu, mencuci muka dengan air hangat punya manfaat tersendiri. Tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, air hangat juga ternyata dapat memberikan manfaat yang baik untuk kulit wajah. Mungkin bagi sebagaian besar orang lebih familiar dan memilih memakai air dingin. Namun sebenarnya keduanya memiliki manfaat masing-masing yang sama-sama baik untuk merawat kulit wajah. Tapi, perlu diingat tidak semua cara berlaku untuk kedua suhu air, kita perlu menyesuaikan kembali dengan kebutuhan kulit secara tepat.

Manfaat Air Hangat

  • Melancarkan sirkulasi darah

Salah satu kunci memiliki kulit kencang dan awet muda adalah menjaga sirkulasi darah tetap lancar. Mencuci wajah menggunakan air hangat mampu merangsang pembuluh darah melebar sehingga sirkulasi darah semakin lancar. Sirkulasi darah yang lancar akan membawa nutrisi serta oksigen merangsang proses regenerasi sel kulit sehingga kulit menjadi cerah, lembap dan terjaga elastisitasnya.

  • Menenangkan Kulit

Mandi menggunakan air hangat setelah hari yang panjang atau aktvitas yang melelahkan dapat membuat tubuh kita menjadi lebih rileks. Nah, hal ini juga serupa jika kamu mencuci wajah menggunakan air hangat. Tidak hanya kulit wajah menjadi rileks, mencuci wajah pakai air hangat juga membuat pikiran kita lebih tenang.

  • Melembabkan kulit

Ternyata, air hangat juga mampu melembapkan kulit kita dari dalam, Tapi, perlu diingat bahwa air hangat di sini adalah air hangat yang kita konsumsi, bukan untuk mencuci wajah ya, hihi. Meminum air hangat secara rutin dapat menjadi obat alami untuk menjaga kulit tetap terhidrasi sehingga tetap lembap dan kenyal.

  • Mengatasi Jerawat

Manfaat air hangat untuk wajah yang pertama yakni dapat membantu mengatasi jerawat. Dengan mengompres air hangat pada wajah, jerawat dapat diringankan. Hal ini lantaran air hangat mampu membuka pori-pori di kulit. Sehingga, kulit wajah bisa melepaskan kotoran, bakteri serta sel kulit mati penyebab jerawat.

Tak heran, masalah komedo dan jerawat ringan bisa diredakan dengan cara mengompres air hangat pada wajah. Meski begitu, kalian tetap harus memperhatikan beberapa faktor penting. Sebab, jerawat tidak hanya disebabkan oleh tumpukan bakteri dan kotoran di pori-pori. Namun, juga bisa dipicu oleh ketidakseimbangan hormon. Selain itu, pastikan air yang digunakan cukup hangat untuk kulit wajah.

  • Meningkatkan produksi elastin kolagen

Manfaat air hangat untuk wajah selanjutnya adalah mampu meningkatkan produksi elastin dan kolagen. Perlu untuk diketahui, kedua zat tersebut sangat bagus untuk kesehatan kulit. Meningkatnya produksi elastin dan kolagen ini disebabkan oleh lancarnya sirkulasi darah ke wajah.

Sejumlah sel-sel di wajah, khususnya sel penghasil kolagen kemudian akan mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Sehingga, sel produksi kolagen mampu bekerja lebih maksimal. Kolagen dan elastin memiliki peranan penting dalam menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

  • Membuat Skincare lebih mudah menyerap

Memastikan skincare yang kita gunakan dapat bekerja dengan optimal itu penting, lho. Salah satu caranya adalah dengan menguapi wajah atau membersihkan wajah menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori kulit, sehingga kulit dapat menyerap nutrisi dari produk skincare yang digunakan dengan baik. Jika sudah begitu, hasil yang akan diperoleh tentu akan lebih maksimal lagi. Hasil yang didapatkan dari produk perawatan tersebut justru lebih maksimal bila diberikan penguapan sebelumnya.

Rekomendasi Produk Rangkaian Cleanser NOVI’S

Kamu bisa manfaat dari rangkaian cleanser novis melalui Artikel Kesehatan di www.novisdermatology.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Kesehatan

Ketahui Beberapa Kesalahan Saat Merawat Kulit

Kesehatan

Definisi Kulit Sensitif dan 6 Ciri-Cirinya

KecantikanKesehatan

Mitos Seputar Jerawat yang  Kamu Mesti Hindari

Kesehatan

Kulit Berminyak Juga Kaya Akan Manfaat untuk Kesehatan Kulit

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.