Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Mengatasi Masalah Kebotakan Karena Rontok dengan PRP Treatment

Helai rambut yang berserakan di lantai semakin bertambah banyak hari demi hari. Terkadang membuat Anda semakin stres melihatnya. Penyebab rambut rontok memang beragam. Mulai dari stres, perubahan pola hidup, hormon, hingga pengaruh obat terapi, atau justru bisa jadi rambut rontok karena turun-temurun. Jenis kerontokan rambut ini paling umum terjadi. Istilah medisnya biasa disebut androgenic alopecia. Pada wanita tanda pertama kerontokan rambut biasanya menipis atau melebar secara keseluruhan. Sedangkan pria tanda pertama sering kali surutnya garis rambut atau titik botak di bagian atas kepalanya.

Perawatan dapat membantu menghentikan atau memperlambat kerontokan rambut. Ini juga dapat membantu menumbuhkan kembali rambut Anda. Jika perawatan rambut rontok lebih awal dimulai, maka semakin baik hasilnya. Tanpa perawatan, Anda akan terus mengalami kerontokan rambut.

Platelet rich plasma atau dikenal dengan PRP adalah metode pengobatan yang digunakan oleh dokter untuk mempercepat penyembuhan di berbagai area tubuh. Salah satunya untuk mengatasi rambut menipis. Dokter umumnya menggunakan teknik ini untuk mengatasi rambut rontok karena androgenic alopecia, yaitu kondisi rambut rontok akibat masalah hormonal. Meskipun perawatan ini tergolong baru, nyatanya ada beberapa penelitian dengan hasil signifikan atas treatment ini pada pertumbuhan rambut.

‍Untuk memahami bagaimana cara kerja PRP, kamu perlu tahu peran penting dari trombosit. Trombosit sendiri terdiri dari dua komponen sel darah, yaitu darah merah dan putih. Pertama kali kamu terluka maka trombositlah yang menjadi responden pertama mengatasi pendarahan dan mempercepat penyembuhan. Nah, kandungan plasma darah yang kaya trombosit ini ternyata memiliki hormon yang mampu membantu regenerasi sel rambut. Untuk mendapatkan hair PRPdokter akan mengambil sel darahmu dan memasukkannya ke mesin yang bernama centrifuge. Setelahnya, mesin akan memisahkan komponen darah. Yang kemudian oleh dokter diekstrak trombositnya dan disuntikkan ke area yang mengalami kerontokan.

Langkah-langkah di bawah ini adalah prosedur umum untuk injeksi PRP.

  1. Dokter atau profesional medis akan mengambil darah dari vena lengan pasien.
  2. Kemudian memasukkan darah tersebut ke centrifuge.
  3. Setelahnya, dokter mengekstrak trombosit ke jarum suntik steril.
  4. Dan menyuntikkannya ke kulit kepala yang mengalami kerontokan.

Proses injeksi sendiri membutuhkan waktu kurang lebih satu jam. Dan tentunya bukan hanya satu kali saja, melainkan bisa beberapa sesi. Kamu juga tidak perlu khawatir akan pembatasan kegiatan setelah mendapat PRP Hair. Karena setelah mendapatkannya, kamu bisa beraktivitas lagi tanpa batasan.

Perawatan rambut rontok ini terbilang aman dan minim efek samping. Hanya saja kulit kepala akan menjadi sedikit kemerahan. Biasanya pasien tidak disarankan untuk mencuci rambut selama 24 jam Usai menjalani perawatan.

Perawatan PRP sifat penyembuhannya alami dan dapat memberikan hasil yang tahan lama. Anda akan mendapatkan rambut sehat, tebal secara alami. Metode perawatannya cukup memasukkan plasma darah ke folikel rambut untuk mendorong pertumbuhan sel baru. Dengan percepatan pertumbuhan sel inilah membantu rambut tumbuh alami. PRP menjadi pilihan perawatan rambut rontok yang sangat baik. Anda akan mendapatkan hasil yang diinginkan selama bertahun-tahun. Bahkan potensi risiko atau efek samping lebih sedikit dibandingkan metode perawatan rambut lainnya.

Perawatan PRP sudah terbukti memiliki tingkat keberhasilan dan kepuasan yang tinggi pada pasien yang mengalami kerontokan rambut, termasuk penipisan rambut atau kebotakan karena faktor keturunan. Perawatan rambut rontok ini dapat dilakukan untuk pria maupun wanita yang memiliki keluhan rambut rontok.

Review by : dr. Novi Arlisma

Related posts
Perawatan

Pico Glow Laser Glowing Tanpa Downtime

Perawatan

Solusi Hidung Mancung Instan dengan Nose Up/Tanam Benang Hidung

Perawatan

Trend Hidung Mancung dengan Prosedur Implant

Perawatan

Kelembapan Kulit Berkurang Akibat Penuaan

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *