Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Skincare

Intip Fakta Moisturizer dan Pelembab yang Ternyata Berbeda

Selama ini, mungkin sebagian orang mengangap moisturizer dan pelembab adalah produk yang sama tetapi hanya penyebutannya saja yang menggunakan bahasa Inggris dan pelembab untuk bahasa Indonesia. Baik moisturizer dan pelembab memang sama-sama ditujukan untuk membantu melembabkan kulit wajah, sehingga kulit wajah kamu terasa lebih lembut dan tidak kering. Bentuk keduanya memang sangat mirip, bisa dalam bentuk krim, lotion, dan gel.

Perbedaan moisturizer dan pelembab

Moisturizer umumnya bekerja dengan cara menghidrasi kuli,t agar lembab dan menjaga kelembapan tersebut supaya tidak mudah hilang dengan menahan kandungan air di dalam lapisan kulit. Karenanya, manfaat moisturizer akan lebih dirasakan oleh pemilik kulit wajah yang sedang dehidrasi, karena kulit yang dehidrasi membutuhkan produk yang dapat menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit pada saat yang bersamaan.

Sedangkan pelembab ditujukan untuk menjaga kelembapan alami kulit yang sudah ada. Fungsi pelembab wajah sebenarnya hampir sama dengan skin barrier yang melindungi kulit dari agresor lingkungan dan mencegah kandungan air di dalam lapisan kulit menguap lewat pori-pori. Caranya adalah dengan membentuk lapisan di permukaan kulit wajah yang berfungsi sebagai pelindung dan pencegah air menguap. Lapisan ini juga mengisi celah dan retakan pada lapisan sel-sel kulit, sehingga tekstur kulit menjadi halus dan lembut, serta mengurangi rasa gatal di kulit.

Perbedaan moisturizer dan pelembab lainnya dari segi manfaat adalah pelembab dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti mencerahkan, menghilangkan noda, menyamarkan kerutan, mengatasi jerawat dan lainnya, sehingga kondisi kulit  wajah menjadi ideal seperti yang diharapkan. Inilah yang tidak dimiliki oleh moisturizer yang lebih fokus menghidrasi dan melembabkan kulit wajah.

Karena memiliki perbedaan dari segi manfaat, maka bahan kandungannya juga pasti berbeda. Dengan manfaatnya untuk menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit, maka moisturizer umumnya memiliki bahan-bahan humektan yang dapat menarik molekul-molekul air dari udara untuk menghidrasi permukaan kulit wajah, atau jika berada di dalam lapisan kulit , maka molekul-molekul air ini akan ditarik dari dalam tubuh. Tidak hanya itu, air yang sudah ditarik ini akan ditahan agar tidak menguap ke udara.

Itulah sebabnya, moisturizer kebanyakan mengandung glycerin, glycerol, berbagai bentuk hyaluronic acid, lidah buaya, madu, lactic acid, urea, dan PCA. Bahan-bahan ini ada juga yang terkandung di dalam produk pelembab tapi bukan merupakan yang utama.

Bahan-bahan kandungan dalam pelembab biasanya lebih bersifat emolien yang mengisi celah-celah di lapisan sel-sel kulit dengan membuat lapisan di permukaan kulit yang juga memperbaiki skin barrier. Bahan-bahan emolien ini di antaranya adalah lipid, ceramide, asam lemak, minyak, dan butter.  Selain bahan-bahan emolien, pelembab juga memiliki bahan-bahan kandungan kosmetik yang membantu mengatasi masalah kulit wajah, seperti niacinamide yang digunakan untuk mencerahkan, Vitamin C dan turunannya yang memudarkan noda hitam, dan retinol yang dapat mengatasi jerawat dan mengatasi kerutan. Mengenali bahan-bahan aktif ini dapat membantu Anda menentukan produk pelembab yang cocok untuk masalah kulit wajah Anda.

Perbedaan moisturizer dan pelembab selanjutnya adalah waktu pemakaiannya. Mungkin Anda sudah familiar dengan produk pelembab pagi dan pelembab malam. Sesuai dengan namanya ini, maka waktu yang tepat untuk memakai pelembab adalah pada pagi hari sebelum beraktivitas dan pada malam hari sebelum tidur.

Pelembab pagi biasanya mengandung sunscreenuntuk membantu melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV dari matahari. Sementara pelembab malam biasanya mengandung bahan aktif yang membantu menutrisi kulit wajah saat sedang melakukan regenerasi ketika tidur malam hari.  Berbeda dengan pelembab yang memiliki waktu khusus untuk pemakaiannya, moisturizerdapat Anda gunakan kapan saja saat kulit wajah terasa kering dan dehidrasi. Tekstur moisturizer biasanya lebih ringan dibanding pelembab, karena itu lebih cepat menyerap ke dalam kulit wajah dan langsung bekerja menghidrasi dan melembabkannya. 

Karena ada perbedaan moisturizer dan pelembab, maka Anda dapat menggunakan moisturizer sebelum menggunakan pelembab jika merasa kulit sedang sangat kering atau dehidrasi. Jadi kedua produk ini bisa saling melengkapi untuk membantu melembabkan kulit wajah.

NOVI’S memiliki berbagai varian produk pelembab yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit wajah dan pada saat bersamaan membantu Anda mendapatkan kulit wajah idaman.  Untuk kamu yang ingin memiliki kulit wajah yang tampak cerah merona maka pilihlah NOVI’S Hydration Gel Moisturize. Gel pelembab wajah dengan formula yang lembut dan ringan, dapat melindungi kulit terhadap efek buruk dari sinar matahari seperti noda hitam dan pengeringan karena pengaruh sinar matahari. Diperkaya dengan bahan aktif pencerah dan moisturizer yang menjadikan kulit tampak lebih putih secara merata serta merawat kulit agar tetap lembut, halus dan tidak kering.

Untuk perlindungan terhadap sinar UV yang dapat membuat kulit wajah tidak menggelap, pelembab pagi ini dilengkapi dengan suncare. Kamu bisa menggunakan NOVI’S Suncare Foundation, Diperkaya dengan kandungan aloevera mumbantu melembabkan dan melembutkan kulit wajah, serta kandungan UV yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Dibuat dengan formula yang ringan, tidak terasa tebal serta mampu menyamarkan noda-noda hitam agar kulit tampak lebih merata dan terlihat lebih bercahaya.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam Produk yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui www.storenovis.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Skincare

Keistimewaan Aloevera Sebagai Bahan Utama NOVI’S Hydration Gel Moisturizer

Gaya HidupSkincare

Sinar UV Akan  Merusak Komponen Utama Kulit Kamu

Skincare

Deretan Masalah Kulit yang Sering Dialami ole Remaja

Skincare

Kapan Sebaiknya Mengaplikasikan Pelembab untuk Wajah?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.