Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Skincare

Tips Mengatasi  Masalah Kulit Dehidrasi Saat Berpuasa

Tidak minum selama belasan jam saat puasa membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi. Itulah sebabnya, kamu dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan saat puasa dengan minum setidaknya 8 gelas air per hari. Pasalnya, dehidrasi tidak hanya bisa mengganggu kerja organ tubuh, tapi juga memengaruhi kulit.

Kekurangan asupan cairan ditambah lagi dengan teriknya sinar matahari di bulan Ramadan bisa bikin kesehatan kulit kamu terganggu. Simak 5 masalah kulit yang bisa terjadi akibat dehidrasi saat puasa di sini.

Masalah Kulit Karena Kekurangan Cairan

1. Kulit Kering

Dampak pertama yang sudah pasti akan terjadi bila kamu tidak mencukupi kebutuhan cairan saat puasa adalah kulit kering. Ini karena saat berpuasa, kamu tidak minum selama kurang lebih 14 jam. Belum lagi aktivitas yang kamu lakukan saat puasa bisa membuat kamu mengeluarkan keringat serta urine. Akibatnya, kulit menjadi dehidrasi, kering, dan pecah-pecah.

Jadi, agar kamu bisa terhindar dari masalah kulit yang satu ini, pastikan kamu selalu minum air putih minimal 1,5 liter saat sahur dan buka puasa. Batasi juga konsumsi kopi dan soda, karena minuman tersebut bisa menyerap nutrisi dan kelembapan kulit yang memicu kulit kering.

2. Kulit menjadi Kusam

Sebagai organ terbesar manusia, kulit membutuhkan asupan nutrisi agar tetap sehat dan cantik. Selain memerlukan nutrisi dan vitamin, kulit juga memerlukan asupan cairan yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi. Dehidrasi bisa membuat sirkulasi darah menjadi tidak lancar, sehingga akhirnya volume darah yang dialirkan menuju kulit menjadi berkurang.

Akibatnya, kulit akan terlihat kusam, pucat, dan mengalami penuaan dini. Jadi, pastikan kamu minum air putih yang cukup selama bulan puasa ini dan gunakan produk skin care agar kulit senantiasa terhidrasi dengan baik.

3. Penumpukan Sel Kulit Mati

Kulit yang kering akibat kekurangan cairan saat puasa juga lebih rentan terhadap penumpukan sel-sel kulit mati. Ini terjadi karena kulit yang kering akan menghasilkan “lapisan” kulit kering lagi yang memerangkap sel-sel kulit mati di bawahnya untuk beregenerasi dan terdorong.

4. Wajah Tampak Lelah dan Sayu

Kekurangan air serta nutrisi, seperti vitamin dan mineral juga bisa membuat kesehatan dan kecantikan kulit berkurang. Ditambah lagi bila kamu tidak cukup istirahat pada malam hari. Ini akan membuat kulit wajahmu tampak sayu dan lelah.

Untuk mengatasi masalah kulit yang satu ini, selain dengan mencukupi kebutuhan air putih, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti sayur, buah-buahan, telur, susu, dan ikan. Dengan begitu, kulit wajah kamu akan tampak segar, cantik, dan merona walaupun sedang berpuasa.

5. Jerawat dan Beruntusan

Kebiasaan buruk, seperti kurang minum, terlalu sering makan gorengan dan minum yang manis-manis, kurang istirahat, serta kurang mengonsumsi serat, bisa membuat metabolisme tubuh jadi terganggu. Dampak buruk dari terganggunya metabolisme bukan hanya masalah pencernaan saja, tapi juga menyebabkan banyak jerawat bermunculan.

Karena itu, pastikan kamu menjaga asupan nutrisi serta cairan selama bulan puasa ini, istirahat yang cukup serta jangan malas membersihkan kulit wajah. Kamu juga bisa mulai melakukan kebiasaan baik, seperti minum air perasan jeruk nipis saat sahur untuk mendetoksifikasi tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Gunakan NOVI’S NOVI’S Hydrating Gel Moistirizer

Kabaikan dari gel aloe vera ini adalah melembabkan kulit wajah. Teksturnya yang lembut dan sebagian besar terdiri dari air dapat membantu menghidrasi kulit tanpa efek yang lengket setelahnya. Gelnya mampu mengunci kelembapan kulit, serta bertindak sebagai lem untuk menjaga sel kulit di permukaan kulit. Manfaat aloevera yang banyak untguk kulit, membuatnya menjadi bahan andalan utama produk-produk perawatan wajah. Salah satunya NOVI’S Hydrating Gel Moistirizer. Terdapat kandungan active brightening dan ekstrak aloe vera yang berguna untuk menenangkan kulit lelah, iritasi/terbakar akibat sinar matahari.

Krim pelembab wajah dengan formula yang lembut dan ringan, dapat melindungi kulit terhadap efek buruk dari sinar matahari seperti noda hitam dan pengeringan karena pengaruh sinar matahari. Diperkaya dengan bahan aktif pencerah dan moisturizer yang menjadikan kulit tampak lebih putih secara merata serta merawat kulit agar tetap lembut, halus dan tidak kering.

NOVI’S Hydrating Gel Moistirizer cocok digunakan oleh semua jenis kulit dari kering, normal, kombinasi hingga yang berminyak dan berjerawat. Aloe vera akan menciptakan lapisan pelindung pada kulit sehingga kadar kelembapan tetap terjaga tanpa membuat wajah terlihat berminyak.

Aloe vera diperkaya dengan lebih dari 75 nutrisi, termasuk vitamin C, E, dan beta-karoten yang yang mempunyai efek anti penuaan, anti inflamasi, dan antimikroba. Dengan penggunaan rutin, aloe gel dapat membuat Anda terlihat lebih muda dan bahkan membantu mengurangi bercak pada kulit yang umumnya terjadi akibat paparan sinar matahari. Manfaat lidah buaya untuk kecantikan lainnya adalah meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit akan menjadi lebih kenyal dan tidak mudah keriput.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam Produk yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui www.store.novis.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Skincare

Keistimewaan Aloevera Sebagai Bahan Utama NOVI’S Hydration Gel Moisturizer

Gaya HidupSkincare

Sinar UV Akan  Merusak Komponen Utama Kulit Kamu

Skincare

Deretan Masalah Kulit yang Sering Dialami ole Remaja

Skincare

Kapan Sebaiknya Mengaplikasikan Pelembab untuk Wajah?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Perawatan Wajah Glowing Masih Populer dalam Dunia Kecantikan