Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Kesehatan

Definisi Kulit Sensitif dan 6 Ciri-Cirinya

Sering kali orang beranggapan bahwa kulit sensitif merupakan kulit yang mudah iritasi, gampang jerawatan, hingga timbul rasa gatal. Padahal, beberapa permasalahan kulit, seperti rosacea dan dermatitis pun menunjukkan gejala serupa. Untuk mengetahui apakah kulitmu termasuk dalam kategori kulit sensitif, yuk cek ciri-ciri kulit sensitif berikut ini. 

Definisi Kulit Sensitif

Kulit sensitif adalah kondisi saat kulit rentan iritasi dan mengeluarkan reaksi berlebih setelah terpapar zat tertentu dari produk kosmetik, paparan sinar matahari, ataupun udara. Meskipun gejalanya sering kali tidak terdeteksi, umumnya pemilik kulit sensitif akan merasakan sensasi gatal, perih, dan kering saat kambuh. 

Perbedaan Kulit Sensitif dan Alergi 

Kulit sensitif dan alergi sering disama ratakan. Padahal, kedua kondisi ini memiliki perbedaan mendasar.

Pada kulit sensitif, reaksi yang timbul tidak melibatkan respon imun tubuh, melainkan oleh zat kimia tersebut terlalu keras untuk kulit. Efek yang timbul berupa kerusakan pada permukaan kulit, seperti rasa gatal, kemerahan, dan sensasi terbakar dapat muncul setelah terpapar faktor pemicu. 

Sedangkan, pada alergi, reaksi kulit hanya muncul di area tertentu dan dipicu oleh sistem kekebalan tubuh yang aktif akibat terpapar debu, zat kimia tertentu, hingga makanan yang dikonsumsi setelah terpapar zat atau 12-48 jam setelahnya. Efeknya pun kulit menjadi terasa gatal, perih, bengkak, hingga kemerahan. 

6 Ciri-ciri Kulit Sensitif

1. Kulit Kering

Ciri-ciri kulit sensitif yang pertama, yakni kulit kering. Eits, bukan berarti pemilik kulit kering sudah pasti kulit sensitif ya. Pada kondisi kulit sensitif, kelembapan kulit terganggu sehingga muncul efek bersisik yang terasa kering, gatal, dan terasa kusam. 

2. Reaktif

Bila Teman Senka memiliki kulit sensitif, kamu akan menyadari bahwa salah satu ciri-ciri kulit sensitif adalah timbulnya gejala secara tiba-tiba setelah terpapar faktor tertentu. Pemicunya bisa berupa skincare yang baru dibeli, parfum yang mengenai area kulit, detergen saat mencuci baju, hingga paparan udara dingin dan sinar matahari

3. Timbul Kemerahan

Kulit kemerahan memang identik dengan kulit sensitif. Soalnya, gejala yang timbul kerap berupa ruam dan benjolan kemerahan. Namun, tenang aja, kemerahan ini akan menghilang setelah iritasi diobati dengan perawatan ringan kok.

4. Sering Mengelupas

Pada beberapa kasus, kulit sensitif ditandai dengan pengelupasan berlebih. Penyebabnya yakni penggunaan skincare yang bersifat eksfoliasi, sehingga kelembapan kulit berkurang dan timbul serpihan.

5. Rentan Berjerawat

Pemilik kulit sensitif juga rentan berjerawat, lo, Teman Senka. Biasanya jerawat yang timbul berupa benjolan merah dan pustula (benjolan yang mengandung nanah). Kalau Teman Senka mengalami kondisi tersebut, segera konsultasikan ke dokter supaya mendapatkan perawatan yang tepat ya, Teman Senka. 

6. Mudah Gatal

Tak hanya timbul ruam kemerahan, rasa gatal dan sensasi tertarik yang sangat mengganggu juga jadi ciri-ciri kulit sensitif, lo, Teman Senka. Reaksi ini bisa dipicu akibat penggunaan skincare yang tidak sesuai atau terlalu keras di kulit. Selain itu, rasa gatal juga dapat terjadi bila kulit sensitif terkena cuaca dingin ekstrem atau saat berendam di air panas. So, kalo kamu mengalami ini, usahakan jangan menggaruk agar kulit tidak mudah iritasi. Gunakan NOVI’S Hydration Gel Moisturizer supaya kulitmu membaik.

Related posts
Kesehatan

Ketahui Beberapa Kesalahan Saat Merawat Kulit

KecantikanKesehatan

Mitos Seputar Jerawat yang  Kamu Mesti Hindari

Kesehatan

Kulit Berminyak Juga Kaya Akan Manfaat untuk Kesehatan Kulit

Kesehatan

Polusi dan Cuaca Tak Menentu dapat Berdampak Buruk Pada Kesehatan Kulit

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Beberapa Jenis Luka Bekas Jerawat dan Cara Mengatasinya